Text
SKRIPSI STUDI PERKERASAN JALAN JALUR ANGKUTAN MATERIAL TAMBANG DENGAN METODE PERKERASAN JALAN BETON SEMEN PD. T-14-2003 DAN PCA (Studi Kasus :Pada Jalan Prebutan, Salamsari, Kabupaten Magelang)
INTISARI
Jalan Prebutan Salamsari Muntilan merupakan salah satu jalan yang memiliki akses langsung menuju Gunung Merapi. Banyaknya tambang menjadikan Jalan Prebutan sering dilalui angkutan muatan tambang. Namun dalam perencanaanya, perkerasan yang ada masih mengalami kerusakan sehingga mempengaruhi kinerja kendaraan angkutan tambang. Diperlukan perkerasan jalan dengan perencanaan yang sesuai beban angkutan tambang. Dalam perencanaan perkerasan di Jalan Prebutan Salamsari digunakan dua metode sebagai perbandingan yaitu Bina Marga PD T-14-2003 dan Portland Cement Association (PCA). Kedua metode menggunakan sistem perencanaan ketebalan yang mengacu pada beban sumbu kendaraan. Panjang jalur yang sering dilalui truk pengangkut tambang dan truk sekitar Jalan Prebutan adalah 1,2 km. Dengan total keseluruhan truk mencapai 708 per hari atau 920.4 smp/jam. Selain itu diketahui keadaan tanah di Jalan Prebutan memiliki CBR rata-rata 9,8302%. Dari hasil perhitungan berdasarkan metode Bina Marga dan PCA didapatkan tebal perkerasan kaku 30 cm tanpa tulangan Sementara perhitungan dowel digunakan D32 panjang 450 mm dengan jarak 30 mm, tiebar digunakan Diameter 12 mm dengan panjang 635 mm dan jarak 700 mm. Dari hasil perhitungan rencana anggaran biaya untuk penerapan perkerasan tersebut diperlukan dana sebesar Rp 3.566.945.000,-. Maka disimpulkan bahwa kedua metode memiliki tingkat kerusakan fatik 0% pada ketebalan yang sama yaitu 30 cm.
Kata Kunci: Perkerasan Kaku, Pd T-14-2003, Portland Cement Association
59-UN57.U1-STS-XII-2021 | SIPIL IHS S 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain