Text
SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN FUEL CATALISATOR PADA MESIN BENSIN 4 LANGKAH DENGAN SISTEM TRANSMISI MATIC BERTEKNOLOGI VARIABLE VALVE ACTUATION (VVA)
ABSTRAK
Menurut data Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral konsumsi Bahan Bakar Minyak pada 2016 meningkat 2,76% menjadi 73,56 juta kiloliter dari tahun sebelumnya. Hal ini akan sangat berdampak pada lingkungan apabila penggunaan memiliki efesiensi yang rendah sehingga kualitas pembakaran menjadi tidak sempurna, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembakaran dengan memperbaiki kualitas dan efesiensi bahan bakarnya dengan penggunaan alat fuel catalisator. Tujuan pengujian ini untuk mengetahui perbandingan daya, torsi dan emisi gas buang kadar HC, CO, O2 dan CO2 fuel catalisator sebesar 11,1 Hp dan 16,41 N.m. Penggunaan fuel catalisator terjadi penurunan emisi gas buang HC paling besar 66 Ppm, penurunan emisi gas buang kadar CO paling besar 0,16%, penurunan emisi gas buang O2 paling besar 0,05% dan terjadi penigkatan emisi gas buang kadar CO2 sebesar 13,3 %.dengan penggunaan fuel catalisator dan tanpa penggunaan fuel catalisator yang dilakukan pada sepeda motor 1 silinder berteknologi VVA bahan bakar RON 90. Hasil pengujian menunjukkan perbedaan daya, torsi dan emisi gas buang, daya maksimal dan torsi maksimal yang dihasilkan tanpa penggunaan fuel catalisator sebesar 9,9 Hp dan 16,06 N.m. Sedangkan daya dan torsi maksimal yang dihasilkan dengan penggunaan
Kata Kunci: Fuel catalisator, Daya Torsi, Emisi gas buang
54-UN57.U1-STM-XII-2021 | MESIN ROM P 2021 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain