PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA “OLAHRAGA MEMBUAT SEHAT” BERBASIS RIAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

ZIDNA HIKMATAL MAULA - Nama Orang;

ABSTRAK
Maula, Zidna H. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema “Olahraga Membuat Sehat” berbasis RIAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Kognitif, RIAS
Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang dimuat dalam kurikulum 2013 pada tingkat SMP. Pembelajaran IPA di SMP dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science yang memadukan berbagai aspek yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Konsep awal tentang suatu topik yang diberikan kepada siswa sangat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuannya sedangkan tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh siswa akan mempengaruhi hasil belajarnya. Seiring perubahan zaman, saat ini siswa didorong untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga dituntut untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA yaitu modul pembelajaran. Modul pembelajaran dapat diartikan sebagai satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Mlonggo diperoleh data tentang rendahnya hasil belajar kognitif IPA siswa yang disebabkan pembelajaran yang masih terpusat kepada guru sehingga diperlukan suatu modul pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, penulis mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan tema “olahraga membuat sehat” pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dengan tema “olahraga membuat sehat” bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII H dengan pengambilan teknik random sampling. Uji coba pengembangan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil uji kelayakan oleh validator menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan persentase ahli materi 88% dan ahli media 88,6%. Hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest dengan menggunakan uji T dan N-Gain diperoleh nilai signifikasi t hitung -14,37 dan t tabel -1,67. Sedangkan hasil perhitungan N-Gain diperoleh rata-rata skor gain sebesar 0,41 dengan kategori peningkatan “sedang”. Hasil uji kepraktisan diperoleh respon positif dari siswa dan guru IPA dengan persentase 88,75% sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.


Ketersediaan
28-UN57.U1-SI-XII-2021IPA MAU P 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MAU P 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XIII;89HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik