Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA “OLAHRAGA MEMBUAT SEHAT” BERBASIS RIAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Maula, Zidna H. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema “Olahraga Membuat Sehat” berbasis RIAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Kognitif, RIAS
Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang dimuat dalam kurikulum 2013 pada tingkat SMP. Pembelajaran IPA di SMP dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science yang memadukan berbagai aspek yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Konsep awal tentang suatu topik yang diberikan kepada siswa sangat berpengaruh terhadap tingkat pengetahuannya sedangkan tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh siswa akan mempengaruhi hasil belajarnya. Seiring perubahan zaman, saat ini siswa didorong untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga dituntut untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA yaitu modul pembelajaran. Modul pembelajaran dapat diartikan sebagai satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 1 Mlonggo diperoleh data tentang rendahnya hasil belajar kognitif IPA siswa yang disebabkan pembelajaran yang masih terpusat kepada guru sehingga diperlukan suatu modul pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, penulis mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan tema “olahraga membuat sehat” pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dengan tema “olahraga membuat sehat” bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII H dengan pengambilan teknik random sampling. Uji coba pengembangan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil uji kelayakan oleh validator menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan persentase ahli materi 88% dan ahli media 88,6%. Hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest dengan menggunakan uji T dan N-Gain diperoleh nilai signifikasi t hitung -14,37 dan t tabel -1,67. Sedangkan hasil perhitungan N-Gain diperoleh rata-rata skor gain sebesar 0,41 dengan kategori peningkatan “sedang”. Hasil uji kepraktisan diperoleh respon positif dari siswa dan guru IPA dengan persentase 88,75% sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
28-UN57.U1-SI-XII-2021 | IPA MAU P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain