Text
SKRIPSI THE EFFECTIVENESS OF USING ONLINE MEDIA FOR ENGLISH TEACHING-LEARNING PROCESS DURING ONLINE CLASS AT SMA N 3 MAGELANG IN THE ACADEMIC YEAR 2021/2022
ABSTRAK
Herditya, Difa Putri. (2021). The Effectiveness of Using Online Media for English Teaching-Learning Process during Online Class at SMA N 3 Magelang in the Academic Year 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Tidar. Pembimbing 1 C. Prima Ferri, S.Pd. M.Pd., Pembimbing 2. Endah Ratnaningsih, S.Pd. M.Pd.
Keywords: Effectiveness, Online Media, Online Class
Selama pandemi berlangsung di Indoneisa, kegiatan belajar-mengajar berubah drastis menjadi sekolah online dengan pemanfaatkan media pembelajaran online. Kegiatan belajar mengajar secara online menuntut siswa untuk lebih mandiri dalam mempelajari materi. Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran bahasa asing mendapatkan tantangan tersediri dalam strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA N 3 Magelang yang diajarkan dengan metode konvensional saat sekolah tatap muka, dan diajarkan dengan Microsoft Teams dan Google Form saat pembelajaran di kelas online. (2) Mengetahui efektivitas pemeblajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di kelas online dengan media belajar online. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MIPA 1-5 dan X IPS 1-3 yang melakukan kelas online dengan dengan jumlah 8 kelas diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan online media sebagai media pembelajaran, sedangkan pada kelompok kontrol dengan 8 kelas lainnya diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa menggunakan online media sebagai metode pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Desain quasi yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Uji validasi dan uji reliabilitas berdasarkan penilaian para ahli (Judgment Expert). Hasil dari penelitian adalah (1) Terdapat perbedaan hasil mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA N 3 Magelang yang diajarkan secara konvensional saat offline class (tatap muka) dan dengan menggunakan Microsoft Teams dan Google Form di kelas online. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Kolmogorov-Smirnov Z = 1.105 dan p (Asymp. Sig.) > 0,05. ; (2) Penggunaan Microsoft Teams dan Google Form terbukti tidak efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA N 3 Magelang karena hasil pre-test dan post-test yang diajarkan dengan metode konvensional lebih tinggi dibanding dengan hasil pre-test dan post-test dengan metode online media.
75-UN57.U1-SING-XII-2021 | INGGRIS HER T 2021 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain