Text
SKRIPSI EVALUASI PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA JALAN RAYA
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di perlintasan kereta api Jalan W.R Supratman, Jalan Jombang Raya, dan Jalan Raya Serpong dengan tujuan untuk mengetahui besarnya tundaan dan panjang antrian serta model hubungan antara tundaan dan panjang antrian pada palang pintu perlintasan kereta di Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan selama tiga hari yaitu Senin, Jumat, dan Minggu di tiga lokasi berbeda yaitu Jalan W.R Supratman, Jalan Jombang Raya, Jalan Raya Serpong dengan waktu pengamatan pada pukul 06.00- 08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB kemudian dianalisis menggunakan metode Gelombang Kejut. Berdasarkan analisis didapatkan Nilai maksimum tundaan didapatkan jumlah tundaan tertinggi yaitu sebesar 2327,3 detik. Sedangkan untuk hasil analisa panjang antrian didapatkan panjang antrian tertinggi sebesar 9803,08 Meter. Model hubungan antara durasi penutupan dengan panjang antrian didapatkan nilai tertinggi yaitu Y= 92,274x - 9068,1 yang artinya 1 detik penambahan durasi penutupan menambah panjang antrian sebesar 92,247m. Untuk Model hubungan antara durasi penutupan dengan lama durasi tundaan didapatkan nilai tertinggi yaitu Y= 20,892x - 2506,5 yang artinya 1 detik penambahan durasi penutupan menambah durasi tundaan sebesar 20 detik.
Kata kunci : Perlintasan Sebidang, Metode Gelombang kejut, Panjang antrian, Tundaan, Model hubungan tundaan dan panjang antrian.
1-UN57.U1-STS-I-2022 | SIPIL TRI E 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain