Text
SKRIPSI ANALISIS UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN VARIASI CELAH KATUP
ABSTRAK
Penyetelan celah katup perlu dilakukan kembali seiring pemaikaian kendaraan yang sudah terlalu lama segingga terjadi keausan dan penurunan kualitas komponenkomponen mekanisme katup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan celah katup terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar pada honda cb 100. Pada penelitian ini peneliti menggunakan parameter uji Dynotest. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil daya terbesar pada celah katup hisap 0,05 mm dan celah katup buang 0,10 mm sebesar 5,5 hp pada putaran mesin 8.000 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan sebesar 5,72 N.m pada putaran mesin 4.000 rpm dengan ukuran celah katup hisap 0,05 mm dan celah katup buang 0,10 mm, dan konsumsi bahan bakar minimal yang dihasilkan sebesar 0,0512 kg/jam.hp pada putaran mesin 5.000 rpm dengan pengunaan celah katup hisap 0,15 mm dan celah katup buang 0,20 mm.
Kata kunci: Celah katup, Daya, Torsi, Konsumsi bahan bakar.
2-UN57.U1-STM-I-2022 | MESIN MAU A 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain