Text
SKRIPSI KARAKTERISTIK PERFORMA MESIN MOTOR BENSIN KAPASITAS 113 CC DENGAN PERUBAHAN RASIO KOMPRESI
ABSTRAK
Performa sepeda motor dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kualitas bahan bakar dan perbandingan kompresi. Peningkatan performa mesin dapat diperoleh dari beberapa cara, salah satunya adalah peningkatan perbandingan kompresi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan rasio kompresi terhadap daya, torsi, air fuel ratio, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor 113 cc dengan variasi rasio 8,8:1 dan rasio kompresi 9,6:1. Objek penelitian ini adalah motor Yamaha MIO 113 cc dengan menggunakan putaran mesin 2.000 rpm - 3.500 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian variasi rasio kompresi 8,8:1 dan rasio kompresi 9,6:1 dengan melakukan proses stroke up untuk menaikan langkah piston. Hasil yang didapat pada penelitian yaitu daya maksimal yang dihasilkan dari rasio kompresi 8,8:1 adalah 5,6 hp pada putaran mesin 3.000 rpm, dan daya maksimal dari rasio kompresi 9,6:1 adalah 6,1 hp pada putaran mesin 2.500 rpm. Torsi maksimal yang dihasilkan dari rasio kompresi 8,8:1 adalah 15,25 Nm pada putaran mesin 2.500 rpm, dan torsi maksimal dari rasio kompresi 9,6:1 adalah 18,25 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik minimal rasio kompresi 8,8:1 adalah 0,104 kg/jam.hp pada putaran mesin 2.500 rpm, dan konsumsi bahan bakar spesifik minimal rasio kompresi 9,6:1 adalah 0,102 kg/jam.hp pada putaran mesin 2.500 rpm. Hasil konsentrasi CO terbesar pada pengujian emisi gas buang pada putaran mesin idle stationer pada rasio kompresi 9,6:1 sebesar 5,89%, dan rasio kompresi 8,8:1 sebesar 4,75%. Hasil konsentrasi HC terbesar dari rasio kompresi 9,6:1 pada putaran mesin idle stationer sebesar 1184 ppm, sedangkan rasio kompresi 8,8:1 sebesar 955 ppm. daya dan torsi yang dihasilkan karena adanya perbedaan panjang langkah dari poros engkol setelah proses stroke up yang membuat volume silinder menjadi lebih besar. Hasil konsumsi bahan bakar spesifik minimal dan uji emisi gas buang dari masingmasing rasio kompresi dipengaruhi oleh penggunaan bahan bakar yang angka oktannya sesuai dan campuran bahan bakar dan udara yang sesuai.
Kata kunci: Performa, bensin, kompresi.
1-UN57.U1-STM-I-2022 | MESIN RIF K 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain