Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AGROWISATA BEJEN FRUIT GARDEN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA DI MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
(DARA DHARMESTI, 2021)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AGROWISATA BEJEN FRUIT GARDEN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA DI MASA PANDEMI COVID-19
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh Agrowisata Bejen Fruit Garden guna meningkatkan minat kunjungan selama masa pandemi Covid-19; usaha-usaha apa sajakah yang dilakukan oleh Bejen Fruit Garden dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat mempengaruhi pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , dengan pendekatan studi kasus dari Creswell. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi serta wawancara mendalam. Informan untuk penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengelola Agrowisata Bejen Fruit Garden telah menerapkan berbagai bentuk komunikasi pemasaran dalam strategi mereka, diantaranya membuat publikasi dan bekerja sama dengan berbagai media massa, mengadakan event-event dengan tetap mematuhi protokol kesehatan hingga membuat berbagai penawaran menarik untuk wisatawan. Faktor-faktor yang mendukung strategi komunikasi pemasaran Bejen Fruit Garden antara lain kebaruan konsep wisata dan tingginya antusiasme masyarakat mencoba wisata baru. Sedangkan untuk faktor penghambatnya antara lain kurangnya pengetahuan pengelola tentang trend terbaru hingga sosialisasi wisata yang kurang.
Kata kunci : wisata, pandemi, komunikasi pemasaran, AIDA, IMC
8-UN57.U1-SIK-XII-2021 | KOMUNIKASI DHA S 2021 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain