Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS GRUP FACEBOOK SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BURSA KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
(Alvin Syarif, 2021): EFEKTIVITAS GRUP FACEBOOK SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BURSA KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar.
Fenomena pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat dunia. Virus ini mengnfeksi seluruh dunia hingga mempengaruhi seluruh sektor kehidupan seperti kesehatan, pendidikan, sosial budaya, dan ekonomi. Dampak ekonomi dari adanya fenomena Covid-19 adalah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Kabupaten Jepara menjadi salah satu wilayah yang terdampak dengan lebih dari 6,000 pegawai terkena PHK. Hal tersebut mengakibatkan kebutuhan informasi lowongan pekerjaan jadi meningkat. Media sosial menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan karena lebih mudah dan bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Salah satu platform media sosial yang digunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di Kabupaten Jepara dan Sekitarnya adalah Grup Facebook Info Loker Jepara Ter Up To Date (Real). Namun, terdapat beberapa masalah ketika mencari informasi di Grup Grup Info Loker Jepara (ILJ) seperti banyaknya penipuan, banyaknya konten spam, informasi yang rancu dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas grup ILJ sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi bursa kerja pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yaitu dengan mengambil data melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis dan diambil kesimpulannya. Penulis menggunakan teori CMC sebagai panduan analisis. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Grup ILJ sudah efektif sebagai media untuk memperoleh informasi pekerjaan. Ditinjau dari beberapa faktor seperti kualitas media, output yang diperoleh, jumlah informasi perhari dan efek kepada anggota. Efektivitas grup didukung oleh beberapa faktor seperti jumlah anggota, aksesibilitas, kecepatan informasi, relevansi informasi dan interaktivitas.
Kata kunci: efektivitas, media sosial, informasi, Covid-19, CMC
11-UN57.U1-SIK-XII-2021 | KOMUNIKASI SYA E 2021 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain