Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS IX
ABSTRAK
Widiyanto, D. N. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Pewarisan Sifat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas IX”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: E-modul, PBL, Hasil Belajar
Belum adanya penggabungan perkembangan teknologi dalam pembelajaran secara maksimal di SMP N 3 Magelang terutama pada mata pelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan bahan ajar belum efektif untuk menyampaikan materi. Pembelajaran berbasis PBL belum dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran berlangsung, hasil belajar siswa masih rendah dan kurang maksimal dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukannya bahan ajar berupa e-modul berbasis PBL mudah diakses sebagai sumber belajar siswa. Pengembangan bahan ajar e-modul ditinjau dari kelayakan e-modul, efektifitas e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap e-modul yang digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran materi Pewarisan Sifat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Desain uji coba dilakukan pada 29 siswa kelas IX sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Hasil pengembangan bahan ajar e-modul pada aspek kelayakan memperoleh hasil sebesar 4,3 pada kelayakan isi, 4,4 pada kelayakan penyajian, dan 4,5 pada kelayakan bahasa. Keseluruhan pada aspek kelayakan memperoleh hasil persentase sebesar 88,4% yang termasuk dalam kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan sangat layak untuk digunakan. Respon siswa dalam penggunakan e-modul sebagai bahan ajar pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 4,25 dengan kriteria sangat baik. Efektifitas bahan ajar setelah tahap implementasi berdasarkan hasil uji N-gain sebesar 0,65 termasuk kategori sedang, oleh karena itu pengembangan bahan ajar dinyatakan efektif. Pengembangan e-modul telah memenuhi aspek kelayakan, mendapatkan respon siswa sangat baik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di SMP N 3 Magelang.
30-UN57.U1-SI-XII-2021 | IPA WID P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain