Text
SKRIPSI PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN DIAGRAM VEE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Lestari, Indah. 2021. “Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Diagram Vee Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Pembelajaran kurikulum 2013 diwajibkan melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi didalam pembelajaran juga memunculkan keterampilan abad 21 diantaranya adalah 4C (Creative, Critical Thinking, Communicative, Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills) (Rafianti, dkk., 2018). Tujuan perkembangan pendidikan adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi di SMP N 8 Magelang pada bulan Desember 2020 bahwa guru cenderung menerapkan pembelajaran konvensional seperti menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang aktif dan guru kurang menginovasikan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modul pembelajaran berbasis masalah berbantuan diagram vee terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalen Kontrol Group Design. Jumlah subjek penelitian adalah 15 peserta didik kelas VIII , 30 peserta didik kelas VII G dan 30 peserta didik kelas VII H. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi soal, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal berupa pretes dan postes. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh modul pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi sebesar 0,72 dan memiliki besar pengaruh 58,9%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran berbasis masalah berbantuan diagram vee berpengaruh pada peningkatan kemampuan berpikir krtis pada pembelajaran IPA. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menerapkan modul pembelajaran berbasis masalah berbantuan diagram vee pada pembelajaran IPA dengan pemilihan materi yang tepat sehingga pembelajaran lebih interaktif dan menarik dan jika digunakan untuk peneliti lain menggunakan tema modul pembelajaran berbasis masalah sebaiknya meninjau variabel terikat yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : modul pembelajaran berbasis masalah, diagram vee, kemampuan berpikir kritis
29-UN57.U1-SI-XII-2021 | IPA LES P 2021 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain