Text
SKRIPSI RESEPSI KHALAYAK ATAS PERAN GANDA PEREMPUAN DALAM IKLAN PROCHIZ VERSI #CERITASPESIALPROCHIZ “SEMUA IBU SPESIAL”
ABSTRAK
(Nurul Azizah Isva Ani, 2022) Resepsi Khalayak Atas Peran Ganda Perempuan dalam Iklan Prochiz Versi #ceritaspesialprochiz “semua ibu special”
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Budaya patriarki terhadap perempuan telah mengikis, kini perempuan sudah banyak mengisi ranah publik. Namun hal itu justru memunculkan peran ganda pada seorang ibu, karena perempuan yang masuk keruang publik harus tetap menjalankan peran domestiknya. Perempuan ditempatkan pada posisi dilematis terhadap perannya, sehingga muncul perdebatan tentang profesi ideal bagi seorang ibu kemudian saling mendeskreditkan satu sama lain yang direpresentasikan dalam iklan Prochiz versi semua ibu spesial. Penelitian ini melihat khalayak aktif memaknai sebagai culture agent, sehingga penelitian ini menggunakan analisis resepsi Stuart Hall untuk melihat pemaknaan khalayak terhadap iklan. Dari hasil analisis preferred reading menggunakan analisis semiotika roland barthes yang dikaitkan dengan feminisme sosialis, ditemukan adanya makna dominan iklan yang menggambarkan ibu bekerja merupakan peran ibu yang ideal, sedangkan ibu rumah tangga tidak dianggap bekerja hal itu dilatarbelakangi adanya ideology kapitalis dan patriarki dalam masyarakat yang dikonstruksikan oleh media. Kemudian khalayak memaknai makna dominan tersebut secara beragam sesuai dengan latar belakang dan ideology masing-masing informan.
Kata kunci: Patriarki, Kapitalisme, Ibu Ideal, Resepsi
3-UN57.U1-SIK-II-2022 | KOMUNIKASI ANI R 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain