Text
SKRIPSI ANALISIS KESESUAIAN RPP TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SMP DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
Al Mumtahanah, Ukhtina. 2021. “Analisis Kesesuaian RPP Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran IPA SMP Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19”. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kesesusaian pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil kesesuaian RPP terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri Kota Magelang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari dokumen RPP dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator merencanakan diskusi memperoleh rata – rata nilai sebesar 51% dengan kategori tidak sesuai. Pada indikator mempresentasikan hasil dan menuliskan hasil memproleh nilai rata – rata sebesar 62% dan 71% dengan kategori cukup sesuai. Pada indikator menyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan memperoleh rata – rata nilai sebesar 89% dengan kategori sangat sesuai. Hal ini dikarenakan adanya sistem pembelajaran terbaru pada masa pandemi Covid-19 yaitu pertemuan tatap muka terbatas dengan alokasi waktu 30 menit dan sangat memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi pada sistem pembelajaran yang ada sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Selain itu perlu adanya pengembangan wawasan dan kompetensi guru dalam membuat RPP dan pengembangan keterampilan komunikasi sesuai dengan sistem pembelajaran yang berlaku.
Kata kunci : RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, Kesesuaian, Keterampilan Komunikasi Siswa.
1-UN57.U1-SI-III-2022 | IPA MUM A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain