Text
SKRIPSI PENGARUH WORKSHEET CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON
ABSTRAK
Rustiana, Istanti. 2021. “Pengaruh worksheet creative problem solving (CPS) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Hukum Newton”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 memerlukan sumber daya manusia (SDM) unggul yang dapat dihasilkan melalui pendidikan yang berkualitas yang dapat diperoleh selama proses pembelajaran di sekolah dengan berpendekatan keterampilan Proses Sains Siswa (KPS). Berdasarkan observasi di MTs Negeri 2 Kota Magelang pada bulan Desember 2020 bahwa penerapan keterampilan proses sains (KPS) oleh guru IPA masih belum optimal, pembelajaran IPA masih cenderung menerapkan pembelajaran konvensional seperti menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran kurang aktif, jarang dilaksanakan diskusi dan juga guru kurang menginovasikan media serta model pembelajaran yang menjadi penyebab menurunnya keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh worksheet creative problem solving terhadap keterampilan proses sains siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IX untuk uji terbatas instrumen soal, 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar validasi soal dan soal berupa pretest dan postest. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan Worksheet CPS terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Hukum Newton dengan kategori tinggi sebesar 0,77 dan besar pengaruh worksheet CPS tersebut adalah sebesar 52,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Worksheet CPS terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Hukum Newton dengan kategori tinggi sebesar 0,77. Besar pengaruh worksheet CPS terhadap Keterampilan Proses Sains siswa pada materi Hukum Newton adalah sebesar 52,5%.
Kata kunci : worksheet creative problem solving, keterampilan proses sains siswa, Hukum Newton
2-UN57.U1-SI-III-2022 | IPA RUS P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain