Text
SKRIPSI SIMULASI COMPUTATION FLUID DYNAMICS PADA PEMBAKARAN MOTOR BAKAR BENSIN 4 LANGKAH CAMPURAN GASOLINE-ETHANOL (0-40%) DENGAN SISTEM ELECTRONIC FUEL INJECTION
ABSTRAK
Pemanfaatan etanol di area transportasi dapat berkontribusi mengurangi emisi gas rumah kaca kendaraan. Untuk mencapai tujuan itu, dilakukannya studi komparatif pengembangan pada pembakaran campuran bahan bakar gasoline-ethanol pada mesin pembakaran dalam dengan variasi E20, E30, dan E40 telah dilakukan melalui pemodelan ANSYS ICE FLUENT 18.1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensimulasikan siklus pembakaran di mesin pembakaran internal yang meliputi proses pembakaran dan emisi pembentukan di dalam ruang bakar. Hasil pemodelan CFD didapatkan bahan bakar bensin dengan temperatur pembakaran tertinggi mencapai 702 K sedangkan temperatur pembakaran terendah bahan bakar E30 sebesar 601 K. Dengan penggunaan etanol sebagai campuran bahan bakar pada mesin besin dapat mengurangi penurunan dari laju tekanan pembakaran yaitu pada bahan bakar E30 sebesar 706.000 Pa dimana tekanan tertinggi pada bahan bakar gasoline sebesar 716.000 Pa atau setara 7.16 bar. Kemudian didapatkan rata-rata kecepatan pembakaran dari setiap variasi bahan bakar mencapai 15.1 m/s, serta mampu mengurangi emisi gas sisa buang, tercatat nilai emisi HC terkecil pada bahan bakar E40 sebesar 278.2 ppm, bisa diarktikan mampu mengurangi persentase gas sisa HC yang tidak mampu bakar senilai 3.65% dan juga emisi CO mampu berkurang mencapai 3.18% terhadap bensin.
Kata kunci: mesin pembakaran dalam, bensin, etanol, proses pembakaran, CFD.
16-UN57.U1-STM-III-2022 | MESIN TRI S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain