Text
SKRIPSI STUDI PROSES PEMBAKARAN PADA RUANG BAKAR MESIN DIESEL BAHAN BAKAR BIODIESEL DAN SYNGAS TANGKAI DAUN TEMBAKAU
ABSTRAK
Data faktor emisi bahan bakar biodiesel masih sangat terbatas. Sistem dual fuel dengan pengaplikasian syngas memiliki kelebihan dalam mengurangi gas emisi yang beresiko serta meningkatkan performa dan efisiensi mesin. Dengan simulasi CFD dapat melihat perpindahan panas, aliran fluida, dan fenomena lainnya. Penelitian ini bertujuan memperoleh perbedaan kontur dan grafik dari temperatur, tekanan dan emisi saat proses pembakaran berlangsung antara bahan bakar biodiesel maupun biodiesel dengan tambahan syngas. Pada penelitan ini digunakan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) sebagai metode penelitian untuk mengurangi waktu serta biaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan temperatur dan tekanan paling tinggi dari kedua bahan bakar adalah biodesel 100% yang memiliki nilai temperatur maksimum 1825,85307° K. Sedangkan nilai tekanan maksimum 7,89196 MPa. Hasil emisi dengan penambahan syngas dapat meningkatkan kadar CO sebesar 99,99%, HC sebesar 91,33%, Soot sebesar 99,99%, dan menurunkan kadar NOx sebesar 99,99% dibandingkan dengan bahan bakar biodiesel 100%.
Kata kunci: Simulasi CFD, Diesel Dual Fuel, Biodiesel, Syngas, Methyl Oleate, Tembakau.
15-UN57.U1-STM-III-2022 | MESIN KIN S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain