PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PERBEDAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN DESAIN SINKRON DAN ASINKRON DENGAN MODEL PBL DILIHAT DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

KURNIA WIDI RAHMAWATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Pembelajaran daring merupakan solusi untuk melaksanakan pembelajaran meskipun guru dan peserta didik berada pada lokasi yang berbeda. Hasil belajar dan motivasi belajar menjadi peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan studi lapangan di SMP Negeri 11 Magelang bahwa cenderung menerapkan pembelajaran daring menggunakan metode ceramah untuk semua pembelajaran baik sinkron maupun asinkron sehingga pembelajaran kurang aktif, tidak adanya diskusi, dan guru kurang menginovasikan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalen Control Group Design. Jumlah subjek penelitian adalah 62 peserta didik kelas VII , 31 peserta didik kelas VII B dan 31 peserta didik kelas VII E. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi soal, validasi angket motivasi belajar dan soal berupa pretest dan posttest dan angket. Hasil penelitian adanya perbedaan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik SMP peningkatan hasil belajar kategori tinggi sebesar 0,87 dan motivasi belajar kategori tinggi sebesar 0,85. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL pada peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan kepada guru menerapkan pembelajaran daring desain sinkron dengan model PBL dalam pembelajaran IPA dengan pemilihan materi yang tepat sehingga pembelajaran lebih interaktif dan menarik dan kepada peneliti lain menggunakan tema model pembelajaran PBL sebaiknya meninjau variabel terikat yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Pembelajaran daring, sinkron, asinkron, model pembelajaran PBL,, hasil belajar, motivasi belajar


Ketersediaan
3-UN57.U1-SI-III-2022IPA RAH P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAH P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;80HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik