Text
SKRIPSI PERBEDAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN DESAIN SINKRON DAN ASINKRON DENGAN MODEL PBL DILIHAT DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Pembelajaran daring merupakan solusi untuk melaksanakan pembelajaran meskipun guru dan peserta didik berada pada lokasi yang berbeda. Hasil belajar dan motivasi belajar menjadi peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan studi lapangan di SMP Negeri 11 Magelang bahwa cenderung menerapkan pembelajaran daring menggunakan metode ceramah untuk semua pembelajaran baik sinkron maupun asinkron sehingga pembelajaran kurang aktif, tidak adanya diskusi, dan guru kurang menginovasikan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalen Control Group Design. Jumlah subjek penelitian adalah 62 peserta didik kelas VII , 31 peserta didik kelas VII B dan 31 peserta didik kelas VII E. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi soal, validasi angket motivasi belajar dan soal berupa pretest dan posttest dan angket. Hasil penelitian adanya perbedaan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik SMP peningkatan hasil belajar kategori tinggi sebesar 0,87 dan motivasi belajar kategori tinggi sebesar 0,85. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pelaksanaan pembelajaran daring desain sinkron dan asinkron dengan model PBL pada peningkatan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik. Peneliti menyarankan kepada guru menerapkan pembelajaran daring desain sinkron dengan model PBL dalam pembelajaran IPA dengan pemilihan materi yang tepat sehingga pembelajaran lebih interaktif dan menarik dan kepada peneliti lain menggunakan tema model pembelajaran PBL sebaiknya meninjau variabel terikat yang belum digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Pembelajaran daring, sinkron, asinkron, model pembelajaran PBL,, hasil belajar, motivasi belajar
3-UN57.U1-SI-III-2022 | IPA RAH P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain