PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION (ARIAS) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP ADVERSITY QUOTIENT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

LAELA WULANDARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wulandari, Laela, 2021. “Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Adversity Quotient dan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu,S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS), Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient
Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan control group pre-test dan post-test design dengan sample penelitian kelas VIII. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive random sampling. Tretment yang digunakan dalam penelitian ini adalah Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS), dan Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis (pre-test dan post-test). Hasil perolehan adversity quotient peserta didik pada model pembelajaran ARIAS memiliki nilai sebesar 140,7 dalam kategori menengah ke atas atau peralihan dari climber ke camper, sedangkan hasil perolehan adversity quotient pada model pembelajaran PBL memiliki nilai sebesar 141,6 dalam kategori menengan ke atas atau peralihan dari climber ke camper. Pembelajaran dengan menggunakan model ARIAS lebih efektif dibandingkan PBL terhadap AQ dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan nilai signifikansi 0,431 > 0,05 yang artinya semakin tinggi AQ maka kemampuan pemecahan masalah juga meningat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) lebih efektif dibandingan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dilihat dari uji-T keterampilan pemecahan masalah siswa yang telah dilakukan, diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian untuk perhitungan komparasi effect size diperoleh hasil 0,093 yang menunjukkan kategori lemah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran daring menggunakan Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi getaran dan gelombang dengan tingkat adversity quotient peserta didik dalam kategori menengan ke atas atau peralihan dari climber ke camper.


Ketersediaan
31-UN57.U1-SI-XII-2021IPA WUL K 2021Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WUL K 2021
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2021
Deskripsi Fisik
XIII;80HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik