Text
TUGAS AKHIR OPTIMALISASI KINERJA SISTEM REM CAKRAM PADA GOKART DETIGA UNTIDAR
ABSTRAK
Rem merupakan suatu sistem pada kendaraan yang bekerja untuk mengontrol, memperlambat, dan menghentikan perputaran roda. Kondisi sistem rem gokart sebelumnya terdapat kekurangan, yaitu sistem rem sudah tidak berfungsi dan tidak adanya beberapa komponen. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pembuatan sistem pengereman pada gokart detiga dengan tujuan untuk mendukung unjuk kerja dan efisiensi pada sistem rem gokart sehingga aman digunakan. Penelitian yang dilakukan adalah studi eksperimen guna mendapatkan data, selanjutnya dilakukan proses perhitungan pengereman, yaitu jarak pengereman, waktu pengereman, kecepatan, jarak berhenti kendaraan, serta dibandingkan dengan standar efisiensi pengereman. Proses pengujian dilakukan melalui tes jalan (test drive) pada kecepatan 20 km/jam, 30 km/jam, dan 40 km/jam. Dalam jarak yang sama yaitu 100 meter, pengujian dilakukan sebanyak tiga kali. Hasil pengujian tersebut adalah pada kecepatan 20 km/jam didapat rata-rata jarak pengereman yaitu ; 2.30 meter, pada kecepatan 30 km/jam gokart dapat berhenti pada jarak 4.60 meter, dan pada kecepatan 40 km/jam gokart dapat berhenti pada jarak 8.70 meter. Artinya sistem rem pada gokart dapat bekerja dengan baik dan aman serta sesuai dengan standar efisiensi pengereman pada 70%.
Keywords : rem cakram, gokart, efisiensi pengereman.
4-UN57.U1-D3TM-IV-2022 | OTOMOTIF ARV O 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain