PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

TUGAS AKHIR KORELASI SUDUT CAMBER DAN CASTER TERHADAP PERFORMA SISTEM KEMUDI GOKART DETIGA UNTIDAR

MUHAMMAD BAGUS ARDHITAMA - Nama Orang;

ABSTRAK
Sistem kemudi manual rack and pinion gokart dibuat untuk mendukung pengendalian arah dimana sistem kemudi sebelumnya masih menggunakan long tie rod sehingga pengendalian kemudi saat berbelok sangat berat. Maka dengan permasalahan tersebut dilakukan rekondisi pada sistem kemudi untuk mengetahui performa sistem kemudi berupa momen maksimal, radius belok, kestabilan kemudi serta gaya yang dibutuhkan pada kemudi. Metode pengambilan data yang dilakukan dalam pembuatan sistem kemudi yaitu studi literatur berupa pencarian informasi atau referensi teori yang relevan dengan kasus dan permasalahan yang ditemukan, observasi dilakukan untuk mengetahui kebutuhan harga serta kelengkapan dari toko sesuai dengan kebutuhan dan metode pengujian. Penelitian dilakukan dengan pembuatan kemudi untuk diaplikasikan pada gokart dengan penyetelan geometri roda pada sudut camber -1, caster 0 dan toe out. Selanjutnya dilakukan pengambilan data sebanyak 3 kali pada setiap pengujian dengan derajat putar kemudi sebesar 90˚, 180˚ dan 270˚ untuk mengetahui radius putar. Pengambilan data dari sudut belok roda dihasilkan selisih sudut roda berkisar 1˚ - 4˚ dengan rata-rata radius putar maksimum yang dihasilkan 5,27 m arah ke kanan dan 6,14 m arah ke kiri. Pengujian gaya untuk menggerakkan kemudi masih dalam kriteria ringan yaitu pada saat melakukan belok kanan ataupun belok kiri didapat hasil 6,5 – 6,8 kg. Hasil perhitungan momen pada steering manual didapat hasil dengan momen steering maksimal 7,61 N/m. Kesimpulan yang didapat dari laporan ini, sistem kemudi rack and pinion yang telah dibuat dapat bekerja sesuai fungsinya. Radius belok serta kestabilan kemudi masih dalam kriteria ringan dan aman.
Keyword: rack and pinion, kemudi, gokart


Ketersediaan
3-UN57.U1-D3TM-IV-2022OTOMOTIF ARD K 2022Ruang Skripsi (OTOMOTIF)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
OTOMOTIF ARD K 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XI;63HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
629
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_D3_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik