Text
TUGAS AKHIR KORELASI SUDUT CAMBER DAN CASTER TERHADAP PERFORMA SISTEM KEMUDI GOKART DETIGA UNTIDAR
ABSTRAK
Sistem kemudi manual rack and pinion gokart dibuat untuk mendukung pengendalian arah dimana sistem kemudi sebelumnya masih menggunakan long tie rod sehingga pengendalian kemudi saat berbelok sangat berat. Maka dengan permasalahan tersebut dilakukan rekondisi pada sistem kemudi untuk mengetahui performa sistem kemudi berupa momen maksimal, radius belok, kestabilan kemudi serta gaya yang dibutuhkan pada kemudi. Metode pengambilan data yang dilakukan dalam pembuatan sistem kemudi yaitu studi literatur berupa pencarian informasi atau referensi teori yang relevan dengan kasus dan permasalahan yang ditemukan, observasi dilakukan untuk mengetahui kebutuhan harga serta kelengkapan dari toko sesuai dengan kebutuhan dan metode pengujian. Penelitian dilakukan dengan pembuatan kemudi untuk diaplikasikan pada gokart dengan penyetelan geometri roda pada sudut camber -1, caster 0 dan toe out. Selanjutnya dilakukan pengambilan data sebanyak 3 kali pada setiap pengujian dengan derajat putar kemudi sebesar 90˚, 180˚ dan 270˚ untuk mengetahui radius putar. Pengambilan data dari sudut belok roda dihasilkan selisih sudut roda berkisar 1˚ - 4˚ dengan rata-rata radius putar maksimum yang dihasilkan 5,27 m arah ke kanan dan 6,14 m arah ke kiri. Pengujian gaya untuk menggerakkan kemudi masih dalam kriteria ringan yaitu pada saat melakukan belok kanan ataupun belok kiri didapat hasil 6,5 – 6,8 kg. Hasil perhitungan momen pada steering manual didapat hasil dengan momen steering maksimal 7,61 N/m. Kesimpulan yang didapat dari laporan ini, sistem kemudi rack and pinion yang telah dibuat dapat bekerja sesuai fungsinya. Radius belok serta kestabilan kemudi masih dalam kriteria ringan dan aman.
Keyword: rack and pinion, kemudi, gokart
3-UN57.U1-D3TM-IV-2022 | OTOMOTIF ARD K 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain