Text
SKRIPSI DESAIN DAN ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN ANSYS WORKBENCH
ABSTRAK
Perkembangan sepeda motor listrik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca memunculkan berbagai inovasi dengan mengubah sepeda motor berbahan bakar fosil menjadi energi listrik. Rangka sebagai bagian utama sepeda motor listrik berfungsi untuk meletakkan, melindungi, dan tumpuan komponen. Penelitian menggunakan perancangan variasi beban untuk menganalisis pengaruh variasi rangka terhadap kekuatan rangka. Metode penelitian menggunakan metode komparatif berupa tiga variasi desain rangka yang digambar dengan Solidworks dan disimulasikan dengan Ansys Workbench. Simulasi menggunakan tiga jenis beban yaitu beban komponen (baterai, pengontrol, dan motor listrik), beban normal (baterai, pengontrol, motor listrik, dan dua orang), dan beban berat (baterai, pengontrol, motor listrik, dan dua orang besar). Desain rangka terpilih yaitu nilai tegangan von mises maksimum terendah serta tidak lebih dari tegangan luluh, total deformasi maksimum terendah, dan faktor keamanan minimum tertinggi serta > 2,5. Didapatkan desain 2 merupakan desain terpilih dengan kekuatan lebih baik dibandingkan desain 1 dan desain 3. Didapatkan simulasi beban komponen (16,2 kg) tegangan von mises maksimum 13,256 MPa, regangan 0,000065, total deformasi maksimum 0,046 mm, faktor keamanan minimum 50,38. Simulasi beban normal (146,2 kg) tegangan von mises maksimum 50,38 MPa, regangan 0,000246, total deformasi maksimum 0,036 mm, faktor keamanan minimum 8,237. Simulasi beban berat (316,2 kg) tegangan von mises maksimum 144,64 MPa, regangan 0,000705, total deformasi maksimum 0,863mm, faktor keamanan minimum 2,869.
Kata kunci: rangka, tegangan von mises, total deformasi, faktor keamanan
20-UN57.U1-STM-IV-2022 | MESIN RAM D 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain