Text
SKRIPSI RESEPSI MASKULINITAS PADA MV “MAKE A WISH” (BIRTHDAY SONG) DI KALANGAN KPOPERS
ABSTRAK
(Anggita Rahmadani, 2022) RESEPSI MASKULINITAS PADA MV “MAKE A WISH” (BIRTHDAY SONG) DI KALANGAN KPOPERS
Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Maskulinitas merupakan kontruksi gender yang ditujukan kepada laki-laki. Masyarakat telah menganggap maskulinitas sudah tetap dan tidak berubah. Pada kenyataannya, maskulinitas bukanlah deskripsi biologis yang di peroleh oleh lakilaki begitu saja secara natural. Penelitian ini membahas mengenai resepsi maskulinitas pada video musik “Make A Wish: di kalangan Kpopers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai maskulinitas yang di tampilkan pada video musik “Make A Wish”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall dan semiotika Saussure. Pengumpulan data dilakukan secara mendalam melalui metode observasi, wawancara, serta dokumentasi pada video musik “Make A Wish”. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya fluiditas maskulinitas Idol Korea. Hal ini ditandai dengan adanya konsep genderless dalam dunia fashion. Pesan tersebut dimaknai pada posisi dominan, negoisasi, atau oposisi oleh setiap informan sesuai dengan latar belakang dan kepercayaan yang dimiliki.
Kata kunci : Maskulinitas, Video Musik, Make A Wish, Resepsi.
9-UN57.U1-SIK-V-2022 | KOMUNIKASI RAH R 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain