Text
TUGAS AKHIR SIMULASI KELELAHAN (FATIGUE) PADA RANGKA E-MOTORBIKE BERBASIS ANSYS WORKBENCH
ABSTRAK
Dalam perkembangan frame sepeda motor selalu didesain agar lebih baik dalam hal keamanan teknologi sepeda motor adalah dalam evolusi konstan dan industri ini selalu mencari desain baru dan teknologi baru, namun masih ditemukan masalah-masalah yang timbul dalam pengerjaan mekanis di lapangan yang dialami oleh ahli-ahli teknis dalam bidangnya seperti masalah kelelahan (fatigue) yang sulit untuk diperkirakan kapan terjadinya, dan tidak dapat dilihat secara kasat mata bahwa di suatu bentuk bahan seperti poros terjadi adanya tanda-tanda akan terjadinya patah fatik. Hal ini tentunya sangat merugikan, untuk itu perlu adanya suatu proses pengujian analisa terhadap umur fatik serta membuktikan teori bahwa dengan permukaan yang halus maka akan meningkatkan umur fatik dari bahan tersebut. Kerusakan yang terjadi pada frame disebabkan oleh kelelahan material frame dengan beban besar secara berulang. Penggunaan Fatigue Analysis pada penelitian ini dimaksudkan untuk mencari Fatigue Life dan Fatigue Safety Factor dari rangka sepeda motor listrik. Berdasarkan pembahasan penelitian simulasi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa beban 136,3 kg dan 166,3 kg dengan titik siklus tertentu sudah mendapatkan kagagalan atau kelelahan rangka emotorbike dapat diketahui dengan nilai safety factor (factor keamanan) kurang dari < 1,25 umur kelelahan minimum frame e-motorbike kurang dari 1 juta siklus. Namun beban total 76,3 kg masih aman dan bisa bertahan lebih lama dengan nilai keamanan (safety factor) lebih dari >1,25 hingga 1 juta siklus.
Kata Kunci : Fatigue frame e-motorbike, Ansys Workbench, Dan Simulasi
17-UN57.U1-D3TM-VI-2022 | OTOMOTIF RAB S 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain