Text
TUGAS AKHIR STUDI KOMPARASI KINERJA MOTOR MATIC 110 CC DENGAN BAHAN BAKAR PERTALITE DAN ETANOL
ABSTRAK
Penggunaan bahan bakar umum secara terus menerus di era semakin berkembangnya teknologi dalam bidang otomotif ini akan menyebabkan kelangkaan pada bahan bakar umum itu sendiri dan di era ini kita harus mampu memanfaatkan bahan bakar alternatif yang bisa di gunakan untuk pengganti atau campuran bahan bakar umum. Untuk itu dilakukanlah penelitian tentang sumber energi baru terbarukan, diantaranya adalah etanol. Metodologi penelitian ini dilakukan secara experimental pada motor Yamaha Mio 110 cc dengan bahan bakar pertalite, E10,E20, dan E30 di bengkel otomotif Dyno Ajivas Magelang, untuk mengetahui pengaruh daya dan torsi dan konsumsi bahan bakar menggunakan dynotest, sedangkan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer dan dilakukan di Dishub kota Magelang. Data hasil pengujian dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasil-hasil pengujian dalam bentuk grafik dan tabel. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan penggunaan variasi campuran bahan bakar pertalite, E10, E20, dan E30 didapat kesimpulan bahwa variasi campuran bahan bakar E30 (30% etanol dan 70% pertalite) menghasilkan ujuk kerja yang baik, pada sepeda motor Yamaha Mio 110 cc, daya maksimum dicapai 6,1 hp putaran 5000 rpm, dan torsi maksimum dicapai pada 13,81 Nm putaran 2000 rpm. Konsumsi bahan bakar lebih hemat E30 pada putaran 4000 rpm sebesar 0,1214 kg/jam.hp. Untuk emisi gas buang yang paling ramah lingkungan pada E30 dengan kadar CO 0,008 gr/km dan HC 0,022 gr/km.
Kata kunci: etanol, pertalite, performa kendaraan, emisi gas buang, Chasis Dynamometer
10-UN57.U1-D3TM-V-2022 | OTOMOTIF PUR S 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain