Text
SKRIPSI PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RAYA BANDONGAN KM 1+000 s.d. KM 3+000 DI KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Permasalahan karena adanya konflik kendaraan di jalan Raya Bandongan diakibatkan oleh faktor-faktor teknis jalan seperti rendahnya kapasitas dan kurang optimalnya perencanaan geometrik jalan sebelumnya. Kondisi tersebut akan menghasilkan tingkat pelayanan kinerja jalan yang buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pada kondisi eksisting sesuai PKJI 2014, menghitung kinerja jalan untuk umur 10 tahun kedepan dan merencanakan peningkatan jalan guna meningkatkan kapasitas jalan eksisting. Metode penelitian ini menggunakan Pedoman Kinerja Jalan Indonesia 2014 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Berdasarkan analisa kinerja jalan pada ruas jalan tersebut memiliki tipe jenis jalan yang belum sesuai dengan spesifikasi dan kriteria jenis jalan provinsi dan menurut hasil perhitungan kinerja jalan untuk umur rencana 10 tahun dihasilkan nilai derajat kejenuhan yang semakin tinggi setiap tahunnya melebihi 0,85 yang artinya arus lalu lintas meningkat setiap tahunnya dan kinerja jalan yang akan semakin memburuk, maka diperlukan adanya peningkatan jalan sesuai PKJI 2014 sebagai syarat yang telah ditetapkan. Berdasarkan perencanaan yang telah dilakukan perlu adanya perencanaan peningkatan jalan berupa pelebaran pada jalan dan bahu jalan dengan menggunakan perkerasan lentur dengan lebar jalan semula 5 m menjadi 7 m dan lebar bahu jalan 1 m di setiap sisinya untuk menghasilkan lebar efektif guna meningkatkan kinerja dan kapasitas jalan.
Kata Kunci: Kinerja Jalan, Daya Dukung Tanah, Pelebaran Jalan, PKJI 2014
13-UN57.U1-STS-VI-2022 | SIPIL KIR P 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain