Text
TUGAS AKHIR RANCANG BANGUN SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA E-MOTORBIKE
ABSTRAK
Perkembangan pada sektor transportasi darat sangatlah cepat, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi kendaraan sepeda motor di tahun 2019 mencapai 112.771.136 unit. Banyaknya pengguna kendaraan bermotor membuat permasalahan lingkungan seperti polusi udara. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi permasalahan akibat kendaraan bermotor adalah inovasi sepeda motor yang memakai motor penggerak listrik (electric vehicle) atau yang disebut E-Motorbike. Pada sepeda motor terdapat sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk menyalurkan putaran atau torsi. Penulis merancang sistem pemindah tenaga E-Motorbike yang efektif. penulis melakukan modifikasi kendaraan konvensional menjadi listrik, dengan mempertahankan komponen sistem pemindah tenaga konvensional. Dimulai dengan membuat desain E-Motorbike (desain sistem pemindah tenaga sepeda motor konvensional, desain rancangan sistem pemindah tenaga dari motor listrik ke sistem transmisi sepeda motor konvensional), proses perhitungan, dan proses pengerjaan. Setelah dilakukan tahapan perancangan maka dipilih sproket 420 sebagai sistem pemindah tenaga yang menghubungkan motor listrik dengan poros primer pada sistem pemindah tenaga sepeda motor konvensional. pada tahapan perhitungan diperoleh kecepatan maksimum EMotorbike yaitu 49,16 km/jam. Dengan rancangan yang sudah diperhitungkan, rancangan ini dapat diimplementasikan pada sepeda motor konvensional yang akan diubah menjadi sepeda motor listrik atau E-Motorbike.
Kata kunci: E-Motorbike, transmisi,
22-UN57.U1-D3TM-VI-2022 | OTOMOTIF PAM R 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain