Text
SKRIPSI OPTIMALISASI LAMA WAKTU PEMANASAN TERHADAP PENYERAPAN KARBON PADA BAJA ST41
ABSTRAK
Baja merupakan material yang memiliki sifat mekanik tertentu seperti kekerasan dan keausan. Untuk menunjang hal tersebut, diperlukan perbaikan dengan melakukan beberapa proses perlakuan salah satunya yaitu perlakuan mekanik atau perlakuan panas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi waktu penahanan panas 60 menit, 90 menit, dan 120 menit pada Pack Carburizing baja ST41 terhadap keausan, kekerasan dan struktur mikronya. Material yang digunakan yaitu baja ST41 dengan kandungan Carbon (C) sebesar 0,1004% dan nilai kekerasan 186 VHN. Proses carburizing diawali dengan mencampurkan arang tempurung kelapa dengan BaCO3. Lalu menimbun spesimen ke dalam pack carburizing. Kemudian diberikan perlakuan panas hingga temperatur 8500C. Variasi waktu tahan yang digunakan yaitu 60, 90, dan 120 menit. Kemudian dilakukan pendinginan dengan media air. Selanjutnya dilakukan pengujian keausan, kekerasan Vickers, dan pengujian metallografi. Setelah dilakukan pengujian diperoleh kesimpulan bahwa sampel mengalami kenaikan komposisi kimia tertinggi yaitu 0,3301%. Selain itu nilai keausan mengalami penurunan yang optimal yaitu 0,000615 mm3/kg.m, kemudian untuk nilai kekerasan tertinggi pada variasi 120 menit yaitu 304,36 VHN, hal ini disebabkan karena waktu penahanan. Pada carburizing, semakin lama waktu penahanan maka struktur pearlite lebih dominan dibandingkan struktur ferrite. Sehingga semakin lama waktu penahanan maka semakin tinggi nilai kekerasannya.
Kata kunci: Carburizing, Keausan, Kekerasan
27-UN57.U1-STM-VI-2022 | MESIN PUR O 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain