Text
TUGAS AKHIR PENGARUH OIL COOLER TERHADAP PERFORMA MESIN 4 TAK PADA HONDA GL MAX NEOTECH
ABSTRAK
Salah satu komponen yang terpenting dari kinerja sebuah mesin adalah minyak pelumas atau oli. Minyak pelumas sendiri berfungsi mengurangi terjadinya gesekan-gesekan antara komponen yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin. Oleh karena itu dalam penelitian ini menambahkan piranti tambahan yaitu oil cooler. Oil cooler berfungsi untuk mendinginkan oli pelumas agar tetap terjaga viskositas pada kondisi mesin panas, sehingga pelumasan masih tetap optimal dan komponen pada mesin yang bergesekan dapat terlindungi. Metode pengambilan data yang dilakukan dalam penambahan oil cooler pada mesin yaitu studi literatur berupa pencarian informasi atau referensi atau teori yang relevan dengan kasus dan permasalahan yang ditemukan, pemilihan jenis oil cooler dan dilakukan pengujian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variabel berupa penambahan oil cooler dan tanpa oil cooler selanjutnya dilakukan pengambilan data sebanyak 3 kali pada setiap pengujian dengan variasi waktu 2,4,6 menit dengan putaran mesin 4000, 6000, 8000 rpm. Dari pengambilan data suhu maksimal yang dihasilkan setelah dilakukan penambahan oil cooler pada putaran mesin 8000 rpm menghasilkan temperatur maksimal sebesar 102˚C dimana sebelum dilakukan penambahan oil cooler pada mesin, temperatur maksimal yang dihasilkan pada putaran mesin yang sama adalah 119˚C dengan selisih 17˚C dan berpengaruh terhadap performa mesin antara lain daya efektif maksimum yang dihasilkan oleh mesin kendaraan Honda GL Max sebesar 18,5 hp pada putaran 7724 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum yang dihasilkan oleh mesin kendaraan Honda GL Max Neotech dengan penambahan oil cooler sebesar 18,60 Nm pada putaran 6589 rpm.
Kata Kunci: sistem pendingin, oil cooler, performa mesin
26-UN57.U1-D3TM-VI-2022 | OTOMOTIF NUG P 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain