Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM REGULASI KELAS XI SMA
ABSTRAK
Damayanti, Norma. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Regulasi Kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci: LKS, model 4D, keterampilan proses sains, sistem regulasi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains siswa di tingkat SMA yang belum optimal. Hal ini dikarenakan LKS yang digunakan masih belum memuat komponen keterampilan proses sains, tampilan sederhana, kurang komunikatif, dan kegiatannya yang kurang bervariasi. Selain itu, pada materi sistem regulasi belum dilaksanakan kegiatan praktikum sehingga siswa belum mampu memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa LKS biologi berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem regulasi yang valid dan praktis berdasarkan penilaian para ahli serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan diterapkannya LKS dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ketiga yaitu Develop. Penelitian ini diujicobakan secara pre-eksperimen dengan one group pretestposttest design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS berbasis keterampilan proses sains layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil dari uji validitas dan uji praktikalitas. Berdasarkan hasil uji validitas oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,625% (sangat valid). Uji praktikalitas oleh ahli praktisi diperoleh persentase sebesar 92,5% (sangat praktis). Untuk mengetahui kualitas peningkatan keterampilan proses sains dilakukan uji N-Gain kepada siswa yang memperoleh rata-rata N-Gain 0,5709 (sedang) dan persentase 57,09% (cukup efektif). Disimpulkan bahwa LKS berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. LKS ini dapat digunakan oleh siswa dalam belajar secara mandiri dengan guru sebagai fasilitator.
6-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI DAM P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain