Text
SKRIPSI ANALISIS KESULITAN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 5 DAN MAN KOTA MAGELANG DI MASA PANDEMI COVID 19
ABSTRAK
Fitrianti, Alifia Rizka. 2022. “Analisis Kesulitan Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 5 Magelang dan MAN Kota Magelang di Masa Pandemi Covid 19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar.
Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata kunci: penilaian autentik, perencanaan dan pelaksanaan penilaian, kurikulum 2013.
Penilaian merupakan aspek penting dalam pembelajaran. Penilaian berfungsi untuk mengukur ketercapaian kompetensi dan mendeteksi kelemahan serta kelebihan peserta didik. Adanya pandemi covid 19 membuat guru kesulitan untuk melaksanakan penilaian seperti tahun-tahun sebelumnya. Pentingnya penilaian autentik ini bertolak belakang dengan keadaan yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan yang dialami guru Biologi SMAN 5 Magelang dan MAN Kota Magelang dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik kurikulum 2013 di masa pandemi covid 19 Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, populasi pada penelitian ini adalah tujuh orang. Lima orang guru biologi SMAN 5 Magelang dan dua guru biologi MAN Kota Magelang. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru kesulitan menentukan tujuan dan fokus dengan persentase 48% yaitu cukup, menentukan konstruk penilaian mendapatkan persentase 48% yaitu cukup, menentukan tugas autentik mendapatkan skor 51% yaitu cukup, pembuatan kriteria mendapatkan persentase 28% yaitu rendah, menentukan desain analisis data penilaian mendapatkan persentase 38% yaitu cukup, penyusunan rubrik penilaian mendapatkan persentase 63% yaitu tinggi. Sedangkan kesulitan pelaksanaan penilaian kognitif mendapatkan persentase 55% yaitu cukup, penilaian afektif mendapatkan persentase 21% yaitu rendah, dan penilaian psikomotor mendapatkan persentase 31% yaitu rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru kesulitan dalam merencanakan penilaian pada aspek menentukan kriteria penilaian autentik dengan persentase 28% yang berkriteria rendah. Guru kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik ranah afektif dan psikomotor dengan masing masing persentase 21% dan 31% dengan kriteria rendah. Saran yang diberikan kepada guru adalah: guru sebaiknya dapat merencanakan penilaian autentik sebaik dan sematang mungkin yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar instrumen yang direncanakan tepat sasaran dan sekolah serta MGMP diharapkan dapat mengajukan pelatihanpelatihan yang berkaitan dengan penilaian kurikulum 2013 kepada Bapak/Ibu guru.
5-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI FIT A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain