Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SERTA LITERASI TIK SISWA KELAS XI MAN 2 SURAKARTA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
ABSTRAK
Trienita, Giesty. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Simas Eric untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep serta Literasi TIK Siswa Kelas XI MAN 2 Surakarta pada Materi Sistem Ekskresi. Program Studi Pendidikan Biologi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd, Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat menuntut semua unsur pendidikan untuk beradaptasi mengikutinya agar tidak tertinggal dan berusaha mengejar ketertinggalan. Penerapan teknologi di MAN 2 Surakarta sudah terlaksana tetapi siswa belum dapat memanfaatkan teknologi sebagai penunjang belajar dengan efektif. Siswa masih banyak menggunakan gadget yang dimiliki untuk hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Tugas yang diberikan oleh guru belum banyak memanfaatkan teknologi. Dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif untuk dapat menjembatani antara kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Simas Eric dikembangkan untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian Simas Eric terdahulu menujukkan model ini efektif untuk meningkatkan hasil kognitif siswa. Rumusan masalah yang diangkat adalah apakah model pembelajaran Simas Eric dapat meningkatkan pemahaman konsep dan literasi TIK siswa kelas XI IPA MAN 2 Surakarta pada materi sistem ekskresi. Sejalan dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Simas Eric dapat meningkatkan pemahaman konsep dan literasi TIK siswa siswa kelas XI IPA MAN 2 Surakarta pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest postest non equivalent control grup design. Menggunakan 2 kelas, yaitu kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian terdapat dua yaitu, untuk literasi TIK meggunakan angket dan pemahaman konsep materi sistem ekskresi menggunakan pretest dan postest. Teknik analisis data terbagi dua angket menggunakan uji normatif dan pretest postest menggunakan uji ngain dan uji t. Hasil penelitian didapatkan kelas eksperimen mendapatkan skor literasi TIK sebesar 81,5% dan kelas kontrol sebesar 75% selisih 6,5 lebih tinggi kelas eksperimen, pemahaman konsep siswa kelas eksperimen mendapatkan skor 51,6% dan kelas kontrol mendapatkan skor 24,8%. Hasil uji independent sample t test tabel sig. menunjukkan hasil 0,00 < 0,05 (alpha) menyatakan model pembelajaran simas eric signifikan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran simas eric lebih efektif untuk meningkatkan literasi TIK siswa dan pemahaman konsep siswa.
Keywords: Model pembelajaran Simas Eric, Literasi TIK, Pemahaman konsep.
4-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI TRI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain