Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI KELAS X SUB-MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERBASIS ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI TPST JURANGOMBO UTARA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
ABSTRAK
Rahayu, Indah Tri. 2022. “Pengembangan E-Modul Biologi Kelas X Sub-Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Analisis Sistem Pengelolaan Sampah di TPST Jurangombo Utara untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan”. Skripsi. Program studi pendidikan Biologi. Universitas Tidar.
Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul, ADDIE, Pemahaman Konsep, Sikap Peduli Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul Biologi kelas X submateri pencemaran lingkungan, menguji kelayakan E-modul, dan pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa. Model penelitian pengembangan yang digunakan menganut pada model ADDIE (analysis, design, development, implementations, evaluations). Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas X IPA 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif ditujukan untuk data hasil observasi, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Biologi. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi materi sebesar 95%, hasil validasi media sebesar 78,75%, analisis tanggapan siswa sebesar 75,54%, dengan kategori baik. Hasil uji-t memperoleh sig. 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan E-modul yang dikembangkan. Selanjutnya hasil N-gain score pemahaman konsep diperoleh rata-rata sebesar 0,4098 dengan kriteria gain sedang. Sedangkan rata-rata persentase sikap peduli lingkungan siswa mengalami peningkatan dari 61,48% menjadi 65,35% dengan kriteria cukup peduli. Hasil perhitungan nilai N-gain score sikap peduli lingkungan siswa sebesar 0,0716 dengan kriteria rendah.
3-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI RAH P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain