Text
SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER DI SMA NEGERI 3 MAGELANG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi sistem imun di SMA Negeri 3 Magelang. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode kualitatif untuk dapat memaparkan lebih dalam mengenai miskonsepsi siswa dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa kelas XI MIPA. 25 soal pilihan ganda berbentuk three tier diberikan untuk mengetahui distribusi konsepsi siwa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep pengertian dan fungsi sistem imun dengan persentase sebesar 64,16%, diikuti dengan konsep antigen dan antibodi dengan persentase sebesar 58,7%, konsep mekanisme sistem imun dengan persentase sebesar 56,74% dan konsep gangguan pada sistem imun dengan persentase 41,4%, hasil angket oleh guru memperoleh nilai 3,8. Berdasarkan hasil wawancara dan angket faktor penyebab dari miskonsepsi juga berasal dari karakteristik materi sistem imun, metode mengajar guru, sumber ajar dan media pembelajaran yang belum bervariatif. Maka dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa di SMA Negeri 3 Magelang pada materi sistem imun masih ditemukan dengan tingkat miskonsepsi tinggi.
Kata kunci: miskonsepsi, sistem imun, three tier
2-UN57.U1-SPB-VI-2022 | BIOLOGI NAI A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain