Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING YANG MEMANFAATKAN POTENSI LOKAL KEBUN TANAMAN OBAT SIDOTOPO DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI EKOSISTEM
ABSTRAK
Mufidah, Annisa Nikhayatul. 2022. “Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing yang Memanfaatkan Potensi Lokal Kebun Tanaman Obat Sidotopo dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Materi Ekosistem”. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan LKS, Inkuiri Terbimbing, Potensi Lokal, Pemahaman Konsep.
Penyusunan tugas di dalam LKS dapat dirancang dengan memodifikasi langkah-langkah suatu pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif di dalam proses pembelajaran adalah pendekatan inkuiri terbimbing. Pembelajaran biologi dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, salah satunya dengan mengkaji potensi lokal untuk menyajikan materi biologi yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta menganalisis pengaruh dan keefektifan LKS terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan model model 4-D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D (Defin e, Design, dan Development). Pada penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate namun hanya sampai pada tahap uji coba produk dengan metode eksperimen. Sedangkan metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Groups Design. Berdasarkan hasil validasi ahli media dengan persentase 79% dengan kategori baik dan ahli materi dengan persentase 89,7% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian kedua ahli tersebut LKS dinyatakan layak. Dilanjutkan tahap uji coba produk diperoleh data hasil pretest dan posttest normal dan homogen sehingga dapat dilanjutkan uji t dengan hasil signifikansi 0,001 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan LKS yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh hasil pada kelas eksperimen yaitu 0,57 sehingga disimpulkan bahwa penggunaan LKS efektif meningkatkan pemahaman konsep pada materi ekosistem. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan tahapan inkuiri terbimbing diperoleh rata-rata persentase 84,4% dengan kategori sangat baik.
9-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI MUF P 2022 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain