Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERPENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
ABSTRAK
Nurjanah, Siti. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Scientific Approach, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Berbasis Masalah..
Pembelajaran yang saat ini berlangsung lebih menekankan pada hasil bukan proses. Sehingga keterampilan proses sains siswa masih sangat rendah terutama pada pembelajaran Biologi. Upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa salah satunya dengan lembar kerja siswa yang berorientasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Lembar kerja siswa tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya pendekatan dan model pembelajaran yang tepat tidak akan terlaksana dengan baik. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memberikan peluang bagi siswa untuk memiliki keterampilan proses sains adalah model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berpendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan mengetahui kelayakan serta keefektifan lembar kerja siswa yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi, hasil tes dan observasi KPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan pengembangan 4-D. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 60 siswa dari kelas XI MIPA 4 dan MIPA 5 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Uji coba produk dilakuan secara terbatas dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design Pretest-Posttest. Hasil uji kelayakan, rata-rata dari ketiga penilaian yaitu aspek media, materi maupun aspek pedagogik mendapatkan skor presentase sebesar 83,5% yang menunjukan kriteria “sangat layak”. Adapun hasil dari uji keefektifan lembar kerja siswa dilihat dari hasil uji independent sample t test dan uji N-gain. Hasil uji independent sample t test KPS awal sig. (2-tailed) 0,673 sedangkan KPS akhir sig. (2-tailed) 0,002. Hasil uji N-gain kelas eksperimen mendapatkan skor 0,40, sedangkan kelas kontrol 0,27 dan berdasarkan hasil observasi KPS kelas eksperimen mendapatkan skor 96% sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor 74%. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil ketiga penilaian lembar kerja siswa berpendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
7-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI NUR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain