Text
TUGAS AKHIR PENGARUH VARIASI DIAMETER BASE CIRCLE CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI 2013
ABSTRAK
Pada era ini, dunia otomotif terutama sepeda motor sangat berkembang pesat, khususnya sepeda motor matic.. Dulunya sepeda motor matic hanya banyak digunakan di daerah perkotaan dengan medan jalan datar, namun karena perkembangan jaman dan kemudahan dalam pengoperasiannya, kini sepeda motor matic juga banyak di gunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan yang mayoritas medan jalannya menanjak. Hal umum yang sering dilakukan dengan cara memodifikasi pada area saluran bahan bakar dan udara yang akan memasuki sampai keluar dari ruang bakar. Katup berfungsi sebagai pintu masuk dan keluarnya bahan bakar dan udara di dalam kepala silinder, maka perlu dilakukan perubahan pada lamanya waktu proses pergerakan buka tutup katup dan tinggi katup saat membuka. Tujuan proyek akhir ini adalah menentukan pengaruh variasi diameter base circle camshaft terhadap torsi luaran Honda Beat FI sebagai fungsi kecepatan putaran mesin. Metode perolehan data yang dilakukan adalah dengan cara studi berdasarkan beberapa bahan referensi yang dibutuhkan, antara lain dengan membaca dan mempelajari buku, jurnal dan sumber lain mengenai celah katup dan durasi camshaft. Pengujian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh camshaft dengan diameter base circle 28mm(standar), 27mm, 28mm terhadap unjuk kerja dan konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Beat FI 2013. Pengambilan data besar daya yang dihasilkan dalam pengujian variasi base circle camshaft ini dilakukan dengan menggunakan alat dynotest sebanyak 3 kali pengujian. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil Besar daya maksimal yang dihasilkan dari diameter base circle 28mm adalah 6.6 hp pada putaran mesin 7.000 rpm, Besar daya maksimal yang dihasilkan dari diameter base circle 27mm adalah 7.7 hp pada putaran mesin 7.000 rpm, Besar daya maksimal yang dihasilkan dari diameter base circle 26mm adalah 7.6 hp pada putaran mesin 7.000 rpm.
Keyword:chamshaft, torsi, dynotest
38-UN57.U1-D3TM-VII-2022 | OTOMOTIF WIC P 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain