Text
SKRIPSI ANALISIS BUKU TEKS IPA SMP DARI ASPEK SCIENTIFIC EXPLANATION PADA MATERI TEKANAN ZAT
ABSTRAK
Fatikhiah, Fina Al. 2022. “Analisis Buku Teks IPA SMP dari Aspek Scientific Explanation pada Materi Tekanan Zat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Scientific explanation perlu ditekankan dalam pembelajaran sains agar peserta didik memiliki kemampuan dalam menganalisis dan menafsirkan data secara ilmiah berdasarkan bukti yang ada. Salah satu upaya untuk melatihkan scientific explanation pada peserta didik adalah memasukkan aspek tersebut ke dalam buku teks. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan penulis sebelumnya, materi yang tergolong sulit untuk dilatihkan dalam penerapan aspek scientific explanation adalah materi tekanan zat. Mengingat akan pentingnya scientific explanation bagi peserta didik dan belum teridentifikasinya aspek tersebut dalam buku teks yang digunakan oleh guru, maka perlu dilakukan analisis terkait kandungan aspek scientific explanation dalam buku teks yang digunakan tersebut. Buku teks yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Buku teks IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Buku IPA Terpadu SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Yudhistira, dan Buku IPA untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi terbitan Gramedia. Tujuan dari penelitian ini adalah perbandingan aspek scientific explanation dan identifikasi pola scientific explanation pada masing-masing buku sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat komparatif dengan metode content analysis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik telaah konten dokumen pada buku sampel. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas atau uji konsistensi dan stabilitas data atau temuan. Untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan metode banding tetap yang meliputi reduksi data, mengorganisasi, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian ini didapatkan 3 level aspek scientific explanation. Level 1 terdiri dari claim (C) saja, dengan kriteria memberikan pernyataan/fakta saja tanpa dijelaskan dengan kalimat pendukung untuk pembuktian kebenaran dari kalimat tersebut. Level 2 terdiri dari claim-evidence (C–E), dengan kriteria memberikan pernyataan/fakta yang dijelaskan dengan kalimat pendukung untuk pembuktian kebenaran kalimat tersebut dalam bentuk data, percobaan, hukumhukum yang ditemukan oleh ilmuwan terdahulu, proses terjadinya claim, jenis dan macam-macam claim, atau berupa gambar. Level 3 terdiri dari claim-evidencereasoning (C–E–R), dengan kriteria memberikan pernyataan/fakta yang dijelaskan dengan kalimat pendukung berupa evidence, kemudian dijelaskan dengan kalimat yang mengaitkan pernyataan tersebut dengan bukti yang tersedia berupa sebabakibat, rumus yang mendukung, maupun penerapan dalam kehidupan. Simpulan dari penelitian ini, didapatkan bahwa aspek scientific explanation hanya dapat diidentifikasi apabila memenuhi tiga komponen utama yang telah dijelaskan yaitu claim, evidence, dan reasoning. Buku IPA Terpadu SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 terbitan Yudhistira memiliki claim dengan kategori aspek scientific explanation pada level 3 memiliki jumlah terbanyak dibandingkan dengan buku sampel yang lain. Pola scientific explanation yang didapatkan pada penelitian ini adalah C (claim), C–E (claim-evidence), C–E–R (claim-evidence-reasoning).
Kata Kunci: Scientific Explanation, Buku Teks IPA, Tekanan Zat
6-UN57.U1-SI-VII-2022 | IPA FAT A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain