Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RIAS TEMA “MANIS BELUM TENTU SEHAT” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Nur’aini, Fatikhah. 2022. Pengembangan Modul IPA dengan Model Pembelajaran RIAS Tema “Manis Belum Tentu Sehat” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd, Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd,M.Sc.
Peningkatan sumber daya manusia dibutuhkan karena perkembangan teknologi kian hari kian meningkat. Pendidikan yang ada di Indonesia berlandaskan pada kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah mengadaptasi keterampilan Abad 21 yang mana salah satu indikatornya yaitu kemampuan pemecahan masalah. Namun, kondisinya bertolak belakang dari hasil TIMSS pada tahun 2015 yaitu 397. Skor ini termasuk ke dalam predikat Low Science Benchmark. Hal ini terjadi di SMP Negeri 2 Magelang, sehingga perlu adanya pengembangan salah satunya dengan membuat alternatif bahan ajar berupa modul. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat validitas dari modul IPA dengan model pembelajaran RIAS, mengetahui keefektifan dari modul IPA dengan model pembelajaran RIAS dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP Negeri 2 Magelang dan mengetahui respon siswa terkait pembelajaran menggunakan modul IPA dengan model pembelajaran RIAS di SMP Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan ADDIE. Bahan ajar dianalisis dari kebutuhan. Bahan ajar Modul IPA dengan model pembelajaran RIAS dikembangkan dengan menggunakan aplikasi microsoft office dan canva. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII C dengan metode purposive cluster sampling. Instrumen tes pemecahan masalah berbentuk uraian yang diujikan validitas dan reliabilitas. Validasi modul IPA dinilai oleh validator ahli materi dan ahli media. Efektivitas modul IPA dinilai melalui hasil tes pemecahan masalah. Respon dinilai oleh siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Magelang. Teknik Analisis data pada validitas menggunakan skala likert, efektivitas menggunakan Uji-T dan Uji N-gain dan respon menggunakan skala likert. Hasil validitas dari modul IPA memperoleh kategori valid dengan nilai 80% pada ahli materi dan 80% pada ahli media. Hasil efektivitas pada uji T dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai sig. = 0,000 membuktikan bahwa modul IPA dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil nilai N-gain ialah 0,42 menunjukkan bahwa tingkat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah adalah kategori sedang. Hasil respon siswa memperoleh nilai 86% menunjukkan bahwa respon siswa pada modul IPA merupakan sangat baik atau respon positif.
Kata Kunci: modul IPA, RIAS, pemecahan masalah
5-UN57.U1-SI-VII-2022 | IPA NUR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain