Text
SKRIPSI KOMPARASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DENGAN METODE PRAKTIKUM RIIL DAN PRAKTIKUM VIRTUAL DI SMP NEGERI 1 SECANG
ABSTRAK
Laela, Nur. 2022. “Komparasi Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Metode Praktikum Riil dan Praktikum Virtual di SMP Negeri 1 Secang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc. 99 halaman.
Keterampilan komunikasi menjadi salah satu keterampilan yang ada pada abad 21. Komunikasi menjadi keterampilan dalam meningkatkan kemampuan individu di era saat ini. Pendidikan menjadi wadah bagi individu meningkatkan keterampilan komunikasi. Indonesia sendiri sudah mengintegrasikan keterampilan abad 21 yang tertuang pada Permendikbud No. 21 Tahun 2016. Pada kurikulum pendidikan jenjang SMP/MTs terdapat mata pelajaran IPA. Pembelajaran IPA dalam prosesnya meliputi kegiatan observasi, mengukur, eksperimen, dan mengolah data. Percobaan sederhana atau praktikum dilakukan oleh guru dan siswa dalam upaya melaksanakan proses pembelajaran IPA. Praktikum menjadi salah satu metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam menemukan sesuatu ataupun membuktikan suatu teori. Data yang diperoleh dikomunikasikan secara tertulis maupun lisan sebagai hasil temuan. Berdasarkan jenis laboratoriumnya praktikum terbagi menjadi dua yaitu praktikum riil dan praktikum virtual. Kompetensi siswa Indonesia sendiri dilihat dari PISA tahun 2018 khususnya sains berada pada peringkat 71 dari 79 negara partisipan. Berdasarkan wawancara dan observasi di SMP Negeri 1 Secang keterampilan komunikasi masih terbilang rendah. Kegiatan praktikum riil jarang dilakukan, bahkan guru belum menggunakan praktikum virtual. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengkomparasi antara paktikum riil dan praktikum virtual terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP Negeri 1 Secang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian comparison group post-test only design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 191 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal uraian baik pretest ataupun posttest-nya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independen dengan hasil sebesar 0,001. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu baik praktikum riil maupun praktikum virtual dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hanya saja skor yang diperoleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol pada indikator menggambarkan data, menyusun data, dan membaca data. Simpulan yang dapat dituliskan yaitu terdapat perbedaan antara penerapan praktikum riil dan praktikum virtual terhadap keterampilan komunikasi pada siswa di SMP Negeri 1 Secang. Saran yang dapat dituliskan oleh peneliti yaitu praktikum virtual dapat menjadi alternatif apabila praktikum riil tidak dapat dilaksanakan dengan hasil yang tidak jauh berbeda. Selain itu, penerapan jenis praktikum disesuaikan dengan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Kata Kunci: keterampilan komunikasi, praktikum riil, praktikum virtual
4-UN57.U1-SI-VII-2022 | IPA LAE K 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain