PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KOMPARASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DENGAN METODE PRAKTIKUM RIIL DAN PRAKTIKUM VIRTUAL DI SMP NEGERI 1 SECANG

NUR LAELA - Nama Orang;

ABSTRAK
Laela, Nur. 2022. “Komparasi Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Metode Praktikum Riil dan Praktikum Virtual di SMP Negeri 1 Secang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc. 99 halaman.
Keterampilan komunikasi menjadi salah satu keterampilan yang ada pada abad 21. Komunikasi menjadi keterampilan dalam meningkatkan kemampuan individu di era saat ini. Pendidikan menjadi wadah bagi individu meningkatkan keterampilan komunikasi. Indonesia sendiri sudah mengintegrasikan keterampilan abad 21 yang tertuang pada Permendikbud No. 21 Tahun 2016. Pada kurikulum pendidikan jenjang SMP/MTs terdapat mata pelajaran IPA. Pembelajaran IPA dalam prosesnya meliputi kegiatan observasi, mengukur, eksperimen, dan mengolah data. Percobaan sederhana atau praktikum dilakukan oleh guru dan siswa dalam upaya melaksanakan proses pembelajaran IPA. Praktikum menjadi salah satu metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam menemukan sesuatu ataupun membuktikan suatu teori. Data yang diperoleh dikomunikasikan secara tertulis maupun lisan sebagai hasil temuan. Berdasarkan jenis laboratoriumnya praktikum terbagi menjadi dua yaitu praktikum riil dan praktikum virtual. Kompetensi siswa Indonesia sendiri dilihat dari PISA tahun 2018 khususnya sains berada pada peringkat 71 dari 79 negara partisipan. Berdasarkan wawancara dan observasi di SMP Negeri 1 Secang keterampilan komunikasi masih terbilang rendah. Kegiatan praktikum riil jarang dilakukan, bahkan guru belum menggunakan praktikum virtual. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengkomparasi antara paktikum riil dan praktikum virtual terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP Negeri 1 Secang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian comparison group post-test only design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 191 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal uraian baik pretest ataupun posttest-nya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independen dengan hasil sebesar 0,001. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu baik praktikum riil maupun praktikum virtual dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hanya saja skor yang diperoleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol pada indikator menggambarkan data, menyusun data, dan membaca data. Simpulan yang dapat dituliskan yaitu terdapat perbedaan antara penerapan praktikum riil dan praktikum virtual terhadap keterampilan komunikasi pada siswa di SMP Negeri 1 Secang. Saran yang dapat dituliskan oleh peneliti yaitu praktikum virtual dapat menjadi alternatif apabila praktikum riil tidak dapat dilaksanakan dengan hasil yang tidak jauh berbeda. Selain itu, penerapan jenis praktikum disesuaikan dengan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Kata Kunci: keterampilan komunikasi, praktikum riil, praktikum virtual


Ketersediaan
4-UN57.U1-SI-VII-2022IPA LAE K 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LAE K 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;45HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik