Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-KOMIK BIOLOGI MATERI PROTISTA BERBASIS WEBTOON SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X MIPA SMA
ABSTRAK
Afitah, 2022. “Pengembangan E-komik Biologi Materi Protista Berbasis Webtoon Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: E-Komik, Protista, Sumber Belajar, Webtoon
Skripsi ini dilatarbelakangi karena kurang tersedianya sumber belajar yang bervariasi, menarik serta mudah dipahami peserta didik khususnya pada materi protista, biologi kelas X MIPA SMA. Materi Protista merupakan materi yang bersifat abstrak serta membutuhkan lebih banyak pemahaman. Materi ini memiliki karakteristik yang sulit untuk dipahami peserta didik. Materi protista ini sebagian besar objek yang dipelajari merupakan mikroorganisme atau makhluk hidup yang tidak dapat dijumpai atau diamati secara langsung. Ketepatan pemilihan sumber belajar menjadi faktor penting dalam mengoptimalkan kegiatan belajar siswa. Untuk memilih sumber belajar yang baik seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai faktor agar sumber belajar yang dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini perkembangan kecanggihan teknologi yang ada perlu diterapkan dalam pemilihan sumber belajar. Maka dari itu, perlu adanya sumber belajar elektronik yang menarik, mudah dipahami serta berbasis elektronik. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menganalisis kelayakan e-komik biologi materi protista berbasis Webtoon sebagai sumber belajar siswa kelas X MIPA SMA. 2) Menganalisis keefektifan e-komik biologi materi protista berbasis Webtoon sebagai sumber belajar siswa kelas X MIPA SMA dalam meningkatkan pemahaman konsep. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: Pengembangan E-komik biologi materi protista berbasis Webtoon menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and development) dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Tahapan yang dilakukan dalam menghasilkan produk ini adalah: 1) Pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan, 4) Validasi dan revisi, serta 5) Uji coba produk skala kecil. Sumber belajar telah divalidasi oleh 2 ahli yaitu 1 ahli materi dan 1 ahli media dan pengisian tanggapan oleh 1 guru mata pelajaran serta 10 siswa. Berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, dapat diketahui hasil validasi sebesar 3,6 dan 3,73 atau dapat ditafsirkan bahwa produk baik. Hasil pengisian angket tanggapan dari guru dan siswa 3,67 dan 4,217 dengan kata lain produk pengembangan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil yang dilakukan di SMA Maarif Karanganyar untuk menghitung keefektifan penggunaan e-komik menggunakan metode one-group pretest posttest design dengan penghitungan Normalize gain diketahui bahwa hasil sebesar 0,75. Berdasarkan hasil penghitungan N-Gain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa E-komik biologi materi protista efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-komik biologi materi protista berbasis Webtoon layak serta efektif digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X MIPA SMA.
11-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI AFI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain