Text
SKRIPSI THE EFFECTIVENESS OF POWTOON AS LEARNING MEDIA IN IMPROVING STUDENTS’ READING SKILLS OF EIGHTH GRADERS AT MTS N 8 KEBUMEN
ABSTRAK
Utami, Aprianti Nadida, 2022. “The Effectiveness of Powtoon as Learning Media in Improving Students’ Reading Skills of Eighth Graders at MTs N 8 Kebumen”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rini Estiyowati Ikaningrum, M.Pd., Pembimbing II Sukma Shinta Yunianti, M.Pd.
Kata Kunci: Effectiveness, Powtoon, Reading
Membaca adalah salah satu keahlian Bahasa Inggris yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan pengamatan, banyak siswa-siswi yang merasa bosan dan menemukan beberapa kesulitan saat belajar membaca. Maka dari itu, Guru harus mampu membuat murid tertarik dalam belajar dan menggunakan media pembelajaran yang akan membuat pelajaran semakin mudah, termasuk Guru – guru di MTs N 8 Kebumen. Di sekolah tersebut, beberapa Guru sudah menggunakan video maupun rekaman suara dalam proses pembelajaran, tetapi tidak menggunakan media Powtoon. Powtoon dapat menjadi media dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran membaca. Media tersebut mengizinkan Guru untuk menambahkan efek suara, mengubah power-point menjadi video dengan animasi yang menarik, yang mana itu lebih membuat murid-murid tertarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Powtoon sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa terutama pada siswa kelas VIII di MTs N 8 Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu quasi-experimental dengan mengaplikasikan pretest-posttest non equivalent-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII dari MTs N 8 Kebumen. Sample yang digunakan yaitu kelas VIII D danVIII E dengan masing-masing 32 siswa di tiap kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai mean dari posttest di kelas eksperimen lebih tinggi (76,53) daripada nilai mean di kelas kontrol (62,59). Selain itu, hasil paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 dan juga nilai sig. 0,000 pada pengujian independent sample t-test. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa Powtoon efektif sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran, terutama untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas delapan. Peneliti berharap semoga penelitian ini berguna untuk siswa-siswi agar lebih rajin dalam belajar, untuk Guru - guru untuk dapat menggunakan Powtoon sebagai ide alternative dalam proses mengajar, dan juga untuk peneliti berikutnya yang akan meneliti lebih dalam tentang topik ini.
36-UN57.U1-SING-VII-2022 | INGGRIS UTA T 2022 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain