Text
SKRIPSI EVALUASI KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PERBAIKAN PADA JALAN MENANJAK (Studi Kasus : Jalan Manglong-Kalikodil Magelang)
INTISARI
Jalan Manglong – Kalikodil merupakan jalan lokal yang menjadi penghubung antara Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Wonosobo. Jalur ini mempunyai panjang total sejauh 8,3 kilometer yang berada di wilayah Kabupaten Magelang. Pada ruas jalan menanjak di jalur ini terdapat kerusakan sehingga diperlukan evaluasi kerusakan dan nilai daya dukung tanah untuk perencanaan perbaikan jalan. Berdasarkan survei kerusakan diperoleh kondisi jalan dengan nilai PCI sebesar 30 dengan rating buruk. Hasil pemeriksaan nilai CBR menunjukkan angka sebesar 2,91% dimana nilai tersebut masih rendah untuk syarat perkerasan lentur yaitu sebesar 6%. Berdasarkan Metode Bina Marga 2017 perkerasan kaku dapat dilakukan pada tanah dengan nilai CBR ≥ 2,5%. Perkerasakan Kaku merupakah alternatif yang dapat digunakan. Perkerasan kaku direncanakan pada jalan menanjak STA 2+363 – STA 588, STA 6+477 – 6+559 dan STA 7+140 – STA 7+288. Berdasarkan hasil perhitungan dengan Metode Bina Marga 2017 didapatkan tebal perencanaan perkerasan kaku 295 mm dengan menggunakan tulangan D12 dengan jarak memanjang 300 mm dan jarak melintang 350 mm. Dimensi Dowel yang digunakan diameter D32 panjang 450 mm dengan jarak 300 mm. Tiebar digunakan D12 dengan Panjang 700 mm dengan jarak 700 mm. Hasil perhitungan Rencana Anggaran Biaya yang diperlukan untuk penerapan perkerasan kaku pada ruas jalan yang telah ditentukan adalah Rp. 1.856.576.000,-.
Kata Kunci : Evaluasi, Perencanaan, Jalan
43-UN57.U1-STS-VII-2022 | SIPIL KHA E 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain