Text
SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI SUB MATERI SISTEM SARAF PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 CANDIMULYO MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
ABSTRAK
Pamira, Icha. 2022. “Analisis Miskonsepsi Sub Materi Sistem Saraf pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Candimulyo Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Skripsi berjudul “Analisis Miskonsepsi Sub Materi Sistem Saraf pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Candimulyo Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI)” dilatarbelakangi oleh fenomena di sekolah yaitu siswa yang kesulitan memahami konsep yang ada pada materi pelajaran biologi khususnya sub materi sistem saraf. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada sub materi sistem saraf berdasarkan metode CRI. (2) mengetahui besaran persentase miskonsepsi yang terjadi pada sub materi sistem saraf berdasarkan metode CRI. (3) menganalisis faktor penyebab miskonsepsi siswa pada sub materi sistem saraf. Penelitian kualitatif ini dengan populasi yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Candimulyo, sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes objektif dan wawancara pendalaman. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui dan membedakan siswa yang paham konsep (P), miskonsepsi (M), tidak yakin (TY), dan tidak paham konsep (TP). Wawancara dilakukan untuk mengetahui faktor miskonsepsi sub materi sistem saraf yang terjadi pada siswa. Hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat miskonsepsi pada siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Candimulyo pada sub materi sistem saraf. (2) persentase siswa dengan kategori Paham Konsep (PK) sebesar 22,78%, kategori Miskonsepsi (M) sebesar 33.75%, kategori Tidak Yakin (TY) sebesar 21,88%, kategori Tidak Paham (TP) sebesar 32.91%. Dari 20 butir soal, terdapat 7 butir soal miskonsepsi diantaranya konsep gerak impuls saraf 33,33%, gerak sadar dan gerak tak sadar 63,89%, mekanisme penghantaran impuls 44,44%, bagian-bagian sistem saraf pusat 55,55%, sistem saraf tepi 47,22%, cara kerja saraf otonom 33,33%, gangguan sistem saraf 55,55%. (3) hasil wawancara kepada siswa dan guru biologi terdapat faktor-faktor penyebab miskonsepsi sub materi sistem saraf yaitu materi yang abstrak, minat belajar siswa, pembelajaran daring, metode pembelajaran, dan media pembelajaran.
Kata kunci: miskonsepsi, sub materi sistem saraf, Certainty of Response Index (CRI)
15-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI PAM A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain