Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF WHITEBOARD ANIMATION BERBASIS H5P PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA
ABSTRAK
Ernawati, (2022). “Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Whiteboard Animation berbasis H5P pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: video pembelajaran, whiteboard animation, H5P, pemahaman konsep, sistem saraf
Sistem saraf merupakan salah satu konsep materi yang bersifat abstrak dalam mata pelajaran biologi. Materi yang bersifat abstrak membuat siswa sulit untuk memahami konsep sistem saraf secara menyeluruh. Akibatnya pemahaman konsep siswa pada materi sistem saraf masih belum optimal. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu menyalurkan konsep sistem saraf kepada siswa dengan lebih jelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran interaktif whiteboard animation berbasis H5P pada materi sistem saraf, (2) menganalisis potensi video pembelajaran pembelajaran interaktif whiteboard animation berbasis H5P dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem saraf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) model ADDIE yang dimodifikasi dengan penelitian eksperimen. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Tahapan yang dimodifikasi dengan penelitian eksperimen adalah tahap implementation. Eksperimen yang dilakukan menggunakan pre-experimental design one group pretest-possttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kulitatif dan kuantitatif. Pengembangan video pembelajaran whiteboard animation dilakukan menggunakan perangkat utama sparkol videoscribe dan H5P. Hasil pengembangan video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Ditunjukkan dengan hasil penilaian validator ahli media yang mendapatkan skor rata-rata 76,5 termasuk dalam kategori layak, sementara penilaian oleh validator ahli materi memperoleh skor 92 dan termasuk kategori sangat layak. Video pembelajaran yang telah dikembangkan diimplementasikan pada kelompok kecil yaitu 36 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grabag. Berdasarkan implementasi terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sistem saraf setelah melakukan pembelajaran menggunakan video pembelajaran interaktif whiteboard animation berbasis H5P. Nilai pretest dan posttest diuji keefektifannya menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain memperoleh skor 0,70 dan termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif whiteboard animation berbasis H5P yang telah dikembangkan layak digunakan dalam mendukung pembelajaran dan dapat menigkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem saraf.
14-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI ERN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain