Text
SKRIPSI PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X MIPA MAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Adriani, Zunia Reni. 2022. “Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X MIPA MAN Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd, Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Idealnya dalam penyampaian materi ekosistem dikelas dibutuhkan keaktifan peserta didik dalam belajar agar peserta didik mampu untuk menganalisis permasalahan pada ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut serta mengatasi permasalahan yang ditemukan. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran keaktifan peserta didik masih kurang, dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat konvensional. Untuk memicu keaktifan peserta didik perlu penerapan pendekatan konstruktivisme, salah satu pendekatan konstruktivisme adalah model pembelajaran project based learning (PjBL). Dalam implementasi PjBL perlu perangkat pembelajaran, salah satu dari perangkat pembelajaran adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD yang digunakan di sekolah masih bersifat umum, dalam artian LKPD diproduksi oleh penerbit sehingga guru hanya mendistribusikan kepada peserta didik. Solusi yang diambil peneliti dari permasalahan tersebut adalah mengembangkan LKPD berbasis PjBL pada materi ekosistem, kemudian digunakan untuk melihat pengaruh LKPD terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan LKPD berbasis project based learning pada materi ekosistem serta menganalisis pengaruh penerapan LKPD tersebut terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MIPA MAN Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall dilanjutkan dengan penelitian quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen validasi dari para validator, instrumen tes kemampuan bepikir tingkat tinggi dan instrumen angket respon peserta didik terhadap LKPD. Hasil penelitian ini diperoleh skor validasi dari ahli materi sebesar 3,21 dengan kategori valid dan layak, sedangkan validasi dari ahli media sebesar 3,2. Sehingga rata-rata dari kedua ahli adalah sebesar 3,2 termasuk dalam kriteria layak dan valid. Pada uji coba skala kecil memperoleh respon positif. Pada uji coba skala besar ini dilakukan pretest dan posttest. Diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.
13-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI ADR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain