Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI PTERIDOPHYTA DI GUNUNG TELOMOYO UNTUK SISWA KELAS X SMA
ABSTRAK
Meganingrum, A.R. (2022). Pengembangan E-modul Pengayaan Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Pteridophyta di Gunung Telomoyo untuk Siswa Kelas X SMA. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Proses pembelajaran materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 3 Magelang belum memiliki bahan ajar khusus yang dapat digunakan oleh siswa sebagai pengayaan. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Biologi juga belum berbasis pada potensi lokal, sedangkan pemanfaatan potensi alam merupakan salah satu tuntutan dari kurikulum 2013 yang tercantum dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah pembelajaran berbasis potensi lokal. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan bahan ajar e-modul pengayaan pada materi Keanekaragaman Hayati berbasis potensi Pteridophyta pada Gunung Telomoyo dapat menjadi alternatif sumber belajar dalam mengatasi keterbatasan waktu yang digunakan untuk kegiatan pengayaan serta mengembangkan potensi lokal sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan emodul pengayaan Keanekaragaman Hayati berbasis potensi Pteridophyta di Gunung Telomoyo. Kelayakan e-modul dilihat berdasarkan aspek materi, media, dan instruksional. Penelitian ini dilakukan dengan metode Reseacrh and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE Robert Maribe Branch. Penilaian kelayakan e-modul oleh ahli memperoleh rata-rata persentase ketiga aspek yaitu 90.10% dengan interpretasi sangat layak, terbagi ke dalam aspek materi sebesar 91.46%; ahli media sebesar 88.13%; dan ahli instruksional sebesar 90.71%. Sedangkan dari data rata-rata nilai n-gain siswa maka dapat disimpulkan bahwa e-modul pengayaan materi Keanekaragaman Hayati berbasis potensi Pteridophyta di Gunung Telomoyo efektif digunakan sebagai bahan ajar kelas X SMA/MA dalam kegiatan pembelajaran pengayaan untuk materi Keanekaragaman Hayati. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui model pengembangan ADDIE telah menghasilkan produk berupa e-modul pengayaan Keanekaragaman Hayati berbasis potensi Pteridophyta di Gunung Telomoyo yang dapat dioperasikan melalui perangkat smartphone android. Produk ini dinilai sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran pengayaan materi Keanekaragaman Hayati. Pemanfaatan e-modul yang terbatas pada sistem smartphone android menyebabkan beberapa siswa tidak bisa mengakses e-modul pada perangkat lain. Hal ini bisa diatasi dengan berbagi antarsiswa saat melakukan pembelajaran pengayaan atau pemberian link materi selain menggunakan aplikasi.
Kata Kunci: E-modul, Keaneakaragaman Hayati, Pteridophyta, Gunung Telomoyo
12-UN57.U1-SPB-VII-2022 | BIOLOGI MEG P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain