Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
ABSTRAK
Nugroho, Heny. 2022. “Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: etnomatematika, LKS, pemecahan masalah matematis, pendekatan saintifik.
Pendidikan berperan penting dalam pembangunan sosial dan ekonomi bangsa serta sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang profesional dan terampil pada bidangnya masing-masing. Hasil studi PISA tahun 2018 untuk Indonesia mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, terutama pada kategori matematika. Materi pembelajaran matematika sering dipandang sulit oleh siswa. Selain itu, siswa juga mengerjakan soal hanya dengan hafalan rumusnya. Hal ini memberikan pengaruh dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Temuan hasil observasi juga menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII F SMPN 2 Magelang masih dalam kategori rendah. Maka dari itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Lebih lanjut untuk mewujudkan motto sekolah yaitu menciptakan sekolah yang nasionalis, maka dapat dilakukan dengan meningkatkan rasa bangga akan budaya yang dimiliki dengan menerapkan etnomatematika dalam pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII F SMPN 2 Magelang sejumlah 28 siswa. Hasil uji kevalidan LKS yang dikembangkan adalah 87% untuk validitas materi dan 89% untuk validitas media yang keduanya dalam kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan LKS berdasarkan angket respon siswa dan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran didapatkan skor 93% dan 87% yang memperlihatkan bahwa LKS sangat praktis digunakan. Hasil analisis efektivitas LKS dari pretest dan posttest yang dianalisis dengan perhitungan N-Gain didapatkan skor 0,57 berkategori sedang dan efektif digunakan. Sehingga, kesimpulan yang didapatkan adalah LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Saran bagi pembaca adalah untuk senantiasa termotivasi memberikan produk-produk yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan.
5-UN57.U1-SPM-VII-2022 | MATEMATIKA NUG P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain