Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI SEGI EMPAT DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY
ABSTRAK
Safitri, Ditaul. 2022. ”Efektivitas Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Segi Empat Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih „Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Yesi Franita, M.Sc.
Pemahaman konsep adalah aspek esensial yang perlu dikuasai peserta didik guna tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan konsep matematika saling berkesinambungan. Pemahaman konsep yang dikuasai secara maksimal maka akan tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal serta akan memperoleh hasil yang maksimal juga. Tujuan penelitian yakni untuk mengidentifikasi (1) antara model pembelajaran RME dibandingkan dengan model pembelajaran langsung yang lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, (2) apakah tipe kepribadian idealist peserta didik memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis paling baik daripada tipe kepribadian artisan, guardian, dan rational dan apakah tipe kepribadian artisan dan rational sama baiknya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, serta apakah tipe kepribadian artisan dan rational memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingkan dengan tipe kepribadian guardian. (3) apakah tipe kepribadian idealist yang dididik dengan pembelajaran model RME sama baiknya daripada yang dididik dengan pembelajaran model langsung dan apakah tipe kepribadian artisan dan rational yang dididik dengan pembelajaran model RME lebih baik dibandingkan peserta didik yang dididik dengan pembelajaran model langsung, serta apakah tipe kepribadian guardian yang dididik dengan pembelajaran model langsung lebih baik dibandingkan peserta didik yang dididik dengan pembelajaran model langsung RME terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental (eksperimen semu) yaitu the nonequivalent posttest only control group. Pada desain the nonequivalent posttest only control group terdapat dua kelompok, kelompok pertama diberi perlakuan dengan pembelajaran RME dan kelompok lainnya diberi perlakukan dengan pembelajaran langsung, kemudian kedua kelompok diberi posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Magelang yang berjumlah 250 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan soal posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan prasyarat uji yaitu normalitas diuji dengan uji Lilliefors dan homogenitas diuji dengan uji Barlett. Hasil perhitungan analisis data diambil kesimpulan (1) Model pembelajaran RME lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi segi empat, (2) Tipe kepribadian idealist, artisan, rational, dan guardian sama baiknya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) tipe kepribadian idealist, artisan, dan guardian yang diajar dengan model pembelajaran RME sama baiknya dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, serta tipe kepribadian rational lebih baik jika diajar dengan model pembelajaran RME dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.
Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep matematis, model pembelajaran RME, tipe kepribadian Keirsey.
4-UN57.U1-SPM-VII-2022 | MATEMATIKA SAF E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain