Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
ABSTRAK
Dinara, Hasenda Alfa. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bangun ruang sisi datar; Gaya Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.
Matematika ialah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai, sebab perhitungan matematika selalu terdapat di kehidupan sehari-hari. Pada lingkungan sekolah, siswa wajib mempunyai sikap yang tidak mudah menyerah pada saat memecahkan masalah, tanggap, bertanggung jawab, teliti dan cermat, analitis, kritis, serta logis. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Magelang, siswa cenderung pasif dan enggan untuk berpendapat. Saat mengerjakan soal, siswa melihat langkah sesuai dengan contoh pada soal yang telah diberikan. Sehingga saat diberi soal yang telah berbeda, siswa menjadi tidak percaya diri dan selalu ingin melihat pekerjaan siswa yang lain. Gaya belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Magelang. Hasil angket gaya belajar, Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (TKBKM), wawancara, dan dokumentasi merupakan data yang dikumpulkan. Angket gaya belajar berguna untuk mengetahui gaya belajar siswa, TKBKM untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika terdiri dari empat soal uraian materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara digunakan untuk membuktikan terhadap informasi atau keterangan dari hasil TKBKM yang telah dikerjakan sebelumnya. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematika yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat kesimpulan, membuat penjelasan lebih lanjut, dan memadukan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik tergolong memiliki kemampuan berpikir kritis matematika yang sedang. Hal tersebut disebabkan karena beberapa siswa kurang memahami materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini berupa data gaya belajar siswa, hasil TKBKM, dan transkrip wawancara siswa. Seluruh data dideskripsikan secara singkat, padat, dan jelas sehingga bisa memberikan informasi kepada guru terkait kemampuan berpikir kritis matematika siswa sehingga guru mampu menentukan metode pembelajaran terbaik untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.
3-UN57.U1-SPM-VII-2022 | MATEMATIKA DIN A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain