Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANDROID “SI-INKA” BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
ABSTRAK
Kumawati, Siti. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Android “Si- Inka” untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna.
Kata Kunci : Media Interaktif Android, Kemampuan Pemahaman Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar, Etnomatematika
Matematika meruapakan mata pelajaran yang dihindari karena dianggap sulit dan menakutkan. Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan 1) banyak peserta didik mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, 2) peserta didik cenderung menghafal materi tanpa memahami konsep dan 3) kemampuan pemahaman matematis rendah 4) belum merasakan pembelajaran matematika yang diakulturasikan dengan budaya. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif android “Si- Inka” berbasis etnomatematika materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi android “Si-Inka” berbasis etnomatematika yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Jumlah subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas VIII A dan C. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket kebutuhan, angket validasi produk, angket uji keterbacaan, dan soal tes kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan penilaian analisis validasi ahli produk, “Si-Inka” dinyatakan valid dengan persentase sebesar 80%. Berdasarkan analisis uji kepraktisan (keterbacaan produk) produk, “Si-Inka” dinyatakan praktis dengan persentase 84%. Berdasarkan uji efektivitas dengan Independent Sample-Test didapatkan nilai Sig sebesar 0,012 < 0,05 dan rerata hasil uji kemampuan pemahaman matematis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis sebesar 56% pada materi bangun ruang sisi datar. Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif android “Si-Inka” berbasis etnomatematika efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Selain itu, penelitian ini mampu memberikan pengaruh kemampuan lainnya dalam pembelajaran dengan dilakukan penelitian lebih lanjut pada sampel yang lebih representatif, keberadaan guru sebagai fasilitator dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.
2-UN57.U1-SPM-VII-2022 | MATEMATIKA KUM P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain